13 Parpol di Polman Belum Penuhi Syarat Peserta Pemilu


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Setelah melakukan penelitian persyaratan administrasi keanggotaan partai politik (Parpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar akhirnya mengembalikan berkas pendaftaran tahap pertama kepada 13 Parpol karena diniali belum memenuhi syarat.

"Kita mengembalikan berkas itu bukan berarti kita tolak, tapi ada beberapa syarat yang belum terpenuhi untuk menjadi peserta pemilu," kata Ketua KPU Polman, M. Danial saat ditemui di Kantor KPU Polman, Kamis 16 November 2017. 

Adapun ke 13 Parpol tersebut, yaitu; Berkarya, Demokrat, Garuda, Gerindra, Golkar, Hanura, Nasdem, PAN, PDI Perjuangan, Perindo, PKB, PKS dan PPP. 

Danial mengatakan, dari 13 Porpol tersebut, berkas partai Hanura yang nilai paling fatal, karena jumlah anggotanya tinggi dan tidak memenuhi syarat.

"Syarat untuk menjadi peserta pemilu minimal partai punya 517 anggota. Sementara Partai Hanura, jumlah anggotanya 2.628. Yang tidak memenuhi syarat 2.348 anggota," ungkapnya.

Tak hanya itu, beberapa partai juga dinilai tidak memenuhi syarat admnistrasi, dimana data antara KTP dan KTA tidak sesuai, dan bahkan ada anggota partai yang terindikasikan mempunyai keanggotaan ganda, atau terdaftar lebih dari satu Partai.

"Setelah parpol yang bersangkutan mengembalikan berkas, selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual. Tenggang waktu untuk mengembalikan berkas sampai tanggal 2 Desember, jadi harus kerja ekstra," katanya. 

Tak hanya itu, kata Danial, Anggota KPU Polman juga akan mengunjungi masing-masing sekretariat parpol untuk mengecek struktur kepengurusan, dan saat kunjungan, pengurus inti dari partai bersangkutan, seperti ketua, sekretaris dan bendahara wajib hadir.

Tag :

kpud polman
  • 58 Dibaca