Praktisi Hukum Mappinawang Jadi Pembicara di Diskusi Publik LBH Makassar

19 Kabupaten di Sulsel Tak Miliki Organisasi Bantuan Hukum


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Sebarang Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Sulawesi Selatan sangat timpang. Hal ini diperparah dengan jumlah advokat dan anggaran yang sangat minim.

Hal ini diungkapkan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Haswandy Andi Mas saat diskusi publik perluasan jangkauan akses layanan bantuan hukum bagi masyarakat miskin dan marginal di Provinsi Sulsel. Diskusi publik ini dilaksanakan LBH Makassar bekerjasama Yayasan TIFA di Hotel JOLIN Makassar, Senin 4 Desember 2017.

"Untuk Sulsel terdapat 13 OBH, 9 di antaranya berada di Makassar, 4 OBH sisanya beroperasi di Bulukumba, Jeneponto, Sinjai dan Wajo. Artinya ada 19 kabupaten/kota di Sulsel yang tidak miliki OBH," kata Haswandy Andi Mas.

Kepala Bagian Hukum dan HAM Provinsi Sulsel, Abd. Haris yang hadir mewakili Gubernur Sulsel mengatakan belum bisa banyak berbuat banyak karena Perda bantuan hukum belum ada sebagai dasar.

Sementara, praktisi hukum, Mappinawang mengatakan dibutuhkan kedekatan NGO dan masyarakat dengan pemerintah untuk mempercepat lahirnya bantuan hukum di suatu daerah.

"Jadi, tidak perlu menunggu lahirnya Perda. Tapi diperlukan peran aktif masyarakat dan NGO untuk mendorong lahirnya bantuan hukum," kata Mantan Direktur LBH Makassar ini.

Tag :

lbh sulsel
  • 25 Dibaca