Abrasi Pantai Mampie Sudah Sangat Memprihatinkan


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Abrasi yang terjadi di pantai Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar sudah sangat memprihatinkan. 

Tingginya air laut dan derasnya pasang membuat abrasi pantai mampie susah dibendung. Apalagi di lokasi itu, sudah tak ada pohon besar yang bisa menghalangi abrasi tersebut.

Warga setempat berharap pemerintah segara melakukan tindakan, sebab jika tidak, maka Kappung Mampie terancam hilang dari peta Indonesia.

"Pemerintah harus mempercepat pencegahan abrasi ini, karena abrasi pantai mampie bukan baru kali ini saja. Melainkan setiap tahun terjadi," kata Yusri tokoh pemuda Mampie, Sabtu, 23 Desember 2017.

Yusri mengatakan, dari sekian banyak abrasi yang terjadi, abrasi kali ini yang dinilainya sangat parah. Terhitung sejak tahun 1989, kata Yusri, sudah ada sekitar 60 persen daratan pemukiman Mampie yang hilang akibat terjangan abrasi. 

"Setelah saya melihat peta blok yang ada di tahun sebelumnya, ternyata sudah banyak daratan yang hilang," ujar Yusri.

Menurutnya, Kappung Mampie saat ini sedang dalam keadaan darurat abrasi, sehingga perhatian khusus pemerintah untuk mempercepat pembangunan pencegah abrasi sangat dinanti oleh warga setempat.

  • 157 Dibaca