Foto: Komunitas Towani Tolotang (Doc. Seputarsulawesi.com)

AMAN Sulsel: Putusan MK, Sejarah Baru Bagi Penganut Kepercayaan Lokal


Seputarsulawesi.com, Makassar- Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulsel, Sardy Razak menilai keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai dikabulkannya gugatan agar penghayat kepercayaan lokal bisa masuk kolom agama di KTP, merupakan sejarah baru.

“Putusan MK ini menjadi sejarah baru bagi penganut kepercayaan untuk diakui sebagai warga negara Indonesia,” ungkapnya kepada seputarsulawesi, Kamis, 9 November 2017.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa putusan ini telah memulihkan kembali hak-hak masyarakat adat yang sebelumnya diabaikan oleh negara.

“Di Sulsel itu banyak penganut kepercayaan, misalnya Tolotang, Aluk to Dolo, dan lain-lain. Putusan MK itu telah memulihkan hak-hak  penganut kepercayaan khususnya di masyarakat adat yang selama ini diabaikan oleh negara, misalnya tidak mendapatkan KTP hingga pendidikan dan kesehatan,” katanya.

Sekadar diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa penghayat kepercayaan diakui dan bisa ditulis di kolom agama KTP pada Selasa, 7 November 2017 lalu

Tag :

sidrap
  • 203 Dibaca