Antisipasi Wabah Corona, Warga Rimuku Gelar Ritual Tolak Bala

  • 18-03-2020

Seputarsulawesi.com, Mamuju – Warga Lingkungan Padang Baka, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, gelar tradisi tolak bala. Kegiatan itu dilakukan di Mesjid Nurul Amin, Padang Baka. Selasa 17 Maret 2020.

Imam Mesjid Nurul Amin Padang Baka Ambe Hara menuturkan, tradisi itu dilakukan ketika ada wabah penyakit lagi merebak. Seperti wabah Corona saat ini.

“Ini dilakukan selama tiga malam, terakhir malam Jumat,” katanya.

Dalam tradisi tolak bala itu, warga menyiapkan wadah, berisi banno (popcorn) dan beberapa lembar daun yang dimasukkan ke dalam wadah, berupa cerek dan tempat lainnya berisi air.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Uwa Ama menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan dalam ritual itu sarat akan makna. Banno yang  sifatnya ringan, diharapkan bisa meringankan beban bala, sehingga manusia akan mudah menjalani musibah. Sementara daun-daun mengandung makna penawar bencana.

“Air nanti dipercikan ke sejumlah tempat, di dalam dan luar rumah,” tuturnya.

Baca jugaDampak Perang Dagang Corona Virus AS Vs Cina Bagi Indonesia

Namun, sebelum dilakukan, masyarakat akan melakukan doa bersama, memohon kepada Tuhan agar dihindarkan dari berbagai macam musibah.

“Kita memohon kepada Allah SWT, agar kita selalu dijauhkan dari berbagai musibah. Musibah dari tanah, musibah dari laut, pokoknya semua musibah,” ucapnya.

Post Tags:

Islam Nusantara