Asri Anas: Mahasiswa Sulbar Harus Mampu Bersaing di Tingkat Global


Seputarsulawesi.com, Makassar- Senator Sulbar, Muhammad Asri Anas menghimbau agar mahasiswa Sulbar yang saat ini sedang melanjutkan studi di Kota Makassar terus belajar dan mengasah kemampuan intelektualnya agar mereka mampu berkompetisi di tingkat global. 

"Sekarang era persaingan global, yang dibutuhkan sekarang adalah orang-orang cerdas dan disiplin, bukan mereka yang tidak kreatif dan malas," katanya saat menjadi pembicara dalam kegitan dialog kebangsaan yang digelar oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Palili Polman, di Hotel Lamacca, Jalan Andi Pengeran Pettarani, Makassar, 14 November 2017. 

Lebih lanjut, mantan aktifis 1998 ini menjelaskan bahwa, standar dunia sekarang adalah pengetahuan. Sehingga dengan demikian, kompetisi global bukanlah soal penampilan, melainkan soal pengetahuan dan kemampuan menguasai teknologi moderen.

"Generasi milenial adalah generasi cerdas, generasi yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai alat pengetahuan, bukan generasi yang terperdaya dengan teknologi serta gagal memanfaatkannya untuk kepentingan pengetahuan," jelas Asri Anas di depan ratusan mahasiswa Sulbar. 

Tak hanya itu, di tempat yang sama, pria kelahiran Tapango, Kabupaten Polewali Mandar ini juga mengatakan, secara intelektual mahasiswa asal Sulbar sangat lemah, dan bahkan disatu sisi mereka terkadang tidak sadar akan kelasnya sebagai mahasiswa. 

Sementara di internal mahasiswa Sulbar, juga terjadi perapuhan ideologi dan sebagian dari mereka terjebak dalam kehidupan zona nyaman serta suka dengan gaya hidup hedonis dan konsumeris.  

"Menurut saya, inilah kelemahan-kelemahan mahasiswa kita, sehingga kita pun sulit untuk bersaing di tingkat global," tegas Asri dalam acara yang bertemakan "Peran Pemuda dalam Pembentukan Karakter Bangsa" itu. 

Selain Asri Anas, hadir juga sebagai pembicara dalam dialog ini, tokoh Masyarakat Mandar Makassar, Dr. HM. Said Saggaf dan akademisi Universitas Asyiariah Mandar, Hakim Pariwalino. 

  • 235 Dibaca