Balitbang Agama Makassar Rancang Modul Multikulturalisme Bagi Siswa SMA


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Makassar Bidang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan membuat modul Multikulturalisme untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Peneliti Litbang Agama Makassar, Syamsurijal Ad'han mengatakan tujuan pembuatan modul ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA dan sederajatnya tentang keberagaman.

"Modul ini diharapkan merubah sikap siswa yang kita anggap belum toleran dalam memahami keberagaman menjadi lebih toleran," kata Syamsurijal Ad'han saat memaparkan draf modul multikulturalisme di Kantor Balitbang Agama, Jalan Pettarani. Senin, 6 November 2017.

Syamsurijal Ad'han menambahkan tahun depan modul ini sudah digunakan di tiga sekolah sebagai tempat uji coba modul diantaranya SMA Negeri 1 Gowa, Pesantren Al-Fakriyah dan SMA Negeri 12 Makassar.

Selain itu, lanjut Syamsurijal, akan mengajak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau NGO yang konsen terhadap isu-isu kebaragaman untuk digunakan dilapangan.

Sementara Ketua Lapesdam NU, Dr. Rumadi yang diundang memberikan masukan mengatakan yang perlu diperhatikan ke depannya siapa sasaran pengguna modul ini. Sebab, di Kementrian Agama sendiri banyak membuat modul-modul semacam ini tapi setelah modulnya jadi tidak terpakai.

  • 114 Dibaca