Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba, Tomy Satria Yulianto

Begini Cara Pemerintah Bulukumba Kurangi Kemiskinan


Seputarsulawesi.com, Bulukumba,- Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan, salah satu cara terbaik untuk mengurangi kemiskinan di Butta Panrita Lopi adalah melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk yang ada di desa.

Hal tersebut diungkapkan Tomy Satria Yulianto menanggapi 127 ribu warga Kabupaten Bulukumba masuk dalam kategori miskin tahun 2017. Jumlah itu meningkat, dari data tahun 2015 yang jumlah warga miskin di daerah itu sebanyak 33 ribu warga lebih, atau sekitar 8,13 persen.

"Caranya adalah termasuk melibatkan desa dalam pengurangan kemiskinan melalui dana Alokasi Dana Desa (ADD)," kata Tomy Satri Yulianto kepada Seputarsulawesi.com, Rabu, 8 November 2017.

Lebih lanjut, Ia mengatakan setiap desa sekarang memiliki data orang miskin, ini bisa sebagai acuan untuk menyusun program untuk mengurangi kemiskinan.

"Jika merujuk pada data, persentase kemiskinan Kabupaten Bulukumba ditahun 2016 sebesar 8.06 persen, kita berhasil turunkan menjadi 7.9 persen di tahun 2017," tambahnya.

Wakil Bupati Bulukumba ini menambahkan, untuk tahun 2017, Pemerintah Bulukumba telah melahirkan program-program yang tujuannya untuk pengentasan melalui Dinas Sosial, Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan serta Dinas lain.

"Bupati telah menginstruksikan agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki komitmen untuk menurunkan kemiskinan di Bulukumba," ungkapnya.

"Target kita di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 angka kemiskinan itu dari 8.6 persen di tahun 2015 turun menjadi 5 persen di tahun 2021," paparnya.

  • 244 Dibaca