BNPT dan FKPT Gelar Literasi Digital di Parepare


Seputarsulawesi.com, Parepare- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan literasi digital, di Hotel Delima Sari, Kota Parepare, Sabtu, 28 April 2018. 

Turut hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini, Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M. Hi, Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers Indonesia, Imam Wahyudi, dan CAMEO Project, Randy Wisnu.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Dr. Hj. Andi Intang Dulung. Dalam sambutannya, Andi Intang menghimbau kepada seluruh peserta dan tamu undangan untuk cerdas dalam bermedia sosial.

Menurutnya, dalam bermedia sosial, kita tidak boleh menerima begitu saja informasi yang beredar dan juga tidak boleh menyebarluaskan inforamasi sebelum memperjelas kebenarannya.

"Dalam bermedia sosial, kita harus menggunakan tiga cara, yang disingkat 3T, yaitu tidak begitu saja menerima segala informasi yang diterima, tidak menyebarkanluaskan informasi sebelum bertanya, Tidak sumbu pendek (mudah marah, terpancing dengan hasutan yang seringkali dibungkus narasi-narasi kebencian)," ujar Doktor alumni UIN Alauddin Makassar ini.

Sementara itu, Ketua FKPT Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Arfin Hamid menyampaikan bahwa kehadiran para peserta di kegiatan tersebut adalah bukti kerelaan mereka untuk saling berbagi dan menjadi bagian dari pelopor pencegahan terorisme, khususnya dalam penggunaan media sosial.

"Anak-anak kita diharapkan bisa mengambil peran di dalam dunia maya untuk mencegah informasi hoax, ujaran kebencian dan narasi faham radikal-terorisme," ujar guru besar Universitas Islam Makassar (UIM) ini.

Kegiatan ini dihadiri dari oleh sejumlah mahasiswa, jurusan desain komunikasi visual, multimedia, IT, jurnalistik, komunikasi, pers mahasiswa, pegiat sosial media, komunitas literasi dan jurnalis. Mereka merupakan peserta yang berasal dari empat kabupaten/kota, yaitu  Parepare, Kabupaten Barru, Sidrap dan Pinrang. 

  • 354 Dibaca