BPN Sulsel Setuju Pengukuran Ulang Wilayah Kelola PT Londsum


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Sulawesi Selatan setuju untuk melakukan pengukuran ulang wilayah kelola Hak Guna Usaha (HGU) PT Londsum di Bulukumba, agar sengketa lahan antara masyarakat dan PT. Londsum segera selesai.

"Biarkan BPN bekerja untuk mengetahui batas wilayah Londsum, dengan ini juga kita akan mengetahui mana saja tanah yang memiliki sertifikat yang ditanami karet," jelas Kakanwil BPN Provinsi Sulsel M Hikmad dalam pertemuan antara Masyarakat Bulukumba dan Pemda Bulukumba di Kantor BPN Provinsi Sulsel, Jalan Cendrawasih, Makassar, Senin 27 November 2017.

Pertemuan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga dihadiri Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto. Ia mengatakan jika setelah ada penentuan tapal batas, maka sudah tidak ada lagi tafsir penguasaan di lapangan.

"Kami tiap tahun di Pemda Bulukumba selalu menerima demo terkait ini, dan hal ini tak boleh dibiarkan," katanya.

Tomy juga mengeluhkan tidak pernah ada pelibatan Pemda Bulukumba maupun masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan terkait PT. Londsum di Bulukumba.

"Kalau ada atau tidak ada perpanjangan HGU, kedepannya harus diambil juga sikap dan pandangan Pemda maupun masyarakat," tambahnya.

Dalam pertemuan itu juga, Kakanwil BPN Provinsi Sulsel berjanji akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan dengan melaporkan kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Sayangnya, pada pertemuan yang dihadiri oleh puluhan warga Bulukumba dan pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba ini, pihak PT Lonsum tampak tidak turut serta mengikuti pertemuan.

Laporan: Asnawi Haeruddin

  • 300 Dibaca