Dari Kiri: Abdul Karim penulis buku Klakson, Syahrir Karim Sekjur Ilmu Politik UIN, dan Andi Ilham Badawi mahasiswa PPs UNM

Bunyi "Klakson" di UIN Alauddin Makassar


Buku berjudul Klakson karya Abdul Karim, dibedah di Fakultas Ushuluddin, Filsafat, dan Politik, UIN Alauddin Makassar, Jumat, 16 Maret 2017.

Bedah buku ini menghadirkan langsung Abdul Karim sebagai narasumber, bersama dengan Syahrir Karim, Sekretaris  Jurusan Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar.

Puluhan mahasiswa turut serta hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh HMJ Sosiologi Agama, Institut Filsafat Indonesia, LAPAR Sulsel, Jaringan GUSDURian Makassar dan Bengkel Buku Wadata.

Dalam pemaparannya, Abdul Karim mengatakan bahwa buku klakson ini hadir agar pembaca dapat menemukan makna-makna dari peristiwa yang remeh temeh dan kadang dianggap biasa.

"Buku Klakson I dan Klakson II adalah kumpulan tulisan, yang memuat beragam tema. Tema ini diangkat dari beragam fenomena yang remeh temeh dan kadang dianggap biasa. Buku ini pula berusaha menyentil negara, yang kerap tak hadir di dalam kehidupan masyarakat kecil," katanya.

Sementara itu, Syahrir Karim, menyebutkan bahwa kumpulan esai Klakson ini penting diangkat dalam tema-tema yang lebih besar lagi.

"Buku klakson ini meski memuat hal-hal kecil, tetapi bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian. Tema-tema dalam tulisan ini, penting untuk diangkat dalam kerangka yang lebih besar," ungkapnya.

Sekadar diketahui, buku Klakson I dan Klakson II, berisi kumpulan esai singkat Abdul Karim yang secara reguler, terbit di kolom Klakson koran Tribun Timur.

Tag :

lapar makassar
  • 165 Dibaca