Bupati Takalar Burhanuddin Baharuddin keluar dari ruang pemeriksaan mengenakan rompi tahanan berwarna pink dengan pengawalan penyidik

Bupati Takalar Ditahan


Seputarsulawesi.com,Makassar,- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menahan Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin sebagai tersangka atas kasus dugaan tindak pidana korupsi penjualan lahan permukiman transmigrasi Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar pada tahun 2015.

Burhanuddin ditahan setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik di lantai lima ruang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) gedung Kejati sekitar tiga jam.

Burhanuddin keluar dari ruang pemeriksaan mengenakan rompi tahanan berwarna pink dengan pengawalan penyidik. Ia ditahan berdasarkan hasil penyidikan serta pemeriksaan yang dilakukan hari ini.

“Penyidik berpendapat telah terpenuhi syarat-syarat penahanan yang diatur dalam KUHP,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Jan S Maringka dalam rilisnya, 6 November 2017.

Untuk kepentingan penyidikan, ia ditahan selama 20 hari ke depan terhitung sejak hari ini hingga 25 November 2017 di Lapas Kelas I A Makassar.

Atas kasus ini, Burhanuddin diduga telah telah mengeluarkan izin prinsip untuk zona industri di dua lokasi yang sebenarnya merupakan pencadangan transmigrasi. Atas kasus tersebut negara merugi sebesar 17 Milyar.

Sebelumnya Kejati Sulselbar telah menahan dua orang atas kasus yang serupa, mereka adalah Camat Manggarabombang, M Noor Utary dan Sekdes Laikang, Risno Siswanto.

  • 450 Dibaca