Gambar via Wikipedia.org

Buroncong, 'Kue Terberat' dari Makassar


Seputarsulawesi.com, Makassar - Buroncing atau disebut baroncong dengan menggunakan pancong saat pembuatannya sehingga biasa disebut dengan "kue terberat". Terbuat dar campuran tepung terigu, santan, parutan kelapa muda, gula pasir, dan garam. Kemudian dibakar dengan cetakan khusus di atas tungku kayu.

Julukan buronjong sebagai kue terberat di dunia hanya humor ditegah masyarakat. Dikatakan kue terberat karena diangkat dari cetakan dengan alat khusus yang menyerupai gancu. Gancu yang biasanya dipakai buruh kasar untuk mengangkat barang-banrang berat, namun gancu yang digunakan membuat kue buroncong tentunya punya ukuran lebih kecil.

Buroncong sudah menjadi pilihan makanan ringan di Makassar sejak masa lampau. Bentuk yang cukup unik, menyerupai sentengah lingkaran tapi agak lonjong. Kue khas ini bercita rasa manis dengan sensasi renyah dari kelapa parutnya.

Biasanya jajanan ini mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan dengan gerobak, terutama pada pagi dan sore hari. Dengan harga Rp. 1.000 perbijinya. (Win)

  • 154 Dibaca