Di Hari Natal, Jaringan GUSDURian Gorontalo Kunjungi Gereja Setya Wacana


Seputarsulawesi.com, Gorontalo- Jaringan Gusdurian Gorontalo terus berupaya menggelorakan semangat toleransi. Salah satunya dengan mengunjungi geraja saat hari natal. Kunjungan tersebut merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan ikatan persaudaraan dan perdamaian antarumat beragama di wilayah tersebut. 

Di hari Natal 2017 ini, komunitas penerus pemikiran dan perjuangan KH. Abdurahmaan Wahid atau Gus Dur ini mengunjungi gereja dan mengucapakan selamat Natal kepada pengurus Gereja Setya Wacana Kota Gorontalo, Senin malam, 25 Desember 2017. 

Djemi Radji, Koordinator Jaringan GUSDURIan Gorontalo mengatakan, gerakan tersebut dilakukan karena terinsipirasi dari sembilang nilai perjuangan Gus Dur, diantara; kemanusiaan, kesetaraan, dan persaudaraan.

Selain itu, kata Djemi, kunjungan silaturrahmi tersebut, juga sekaligus menjadi pembelajaran bagi komunitas GUSDURian Gorontalo untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan kelompok yang berbeda keyakinan, dan sekaligus bersedia untuk menerima perbedaan yang ada.

“Kami berharap, kunjungan natal kali ini bisa menjalin komunikasi yang baik, sehingga antarpemeluk agama tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang bisa memecah bela persaudaraan antarumat beragama,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) periode 2007-2008 ini mengatakan, memaknai perbedaan harus sampai pada kemampuan untuk menghayati nilai-nilai kebijaksanaan agama lain.

“Kebijaksanaan itulah spirit yang mendasari terwujudnya toleransi dan perdamaian, sebab Gus Dur pernah mengatakan bahwa perdamaian tanpa keadilaan adalah ilusi," tegasnya.

Saat kunjungan, rombongan Jaringan GUSDURian Gorontalo ini, diterima oleh  Rudy Harold, salah seorang pengurus Gereja  Setya Wacana Kota Gorontalo. 

Turut hadir dalam kunjungan ini, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kota Gorontalo, Ustad Abd. Kadir Lawero, Koordinator Lintas Iman Gorontalo, Qalby Abing, Kyai Muda, Abd Wahab Kuna, dan sejumlah penggerak Jaringan GUSDURian Gorontalo. 

Tag :

gusdurian
  • 303 Dibaca