Dinas Kesehatan Mamuju Sosialisasi Desa Sadar TB/TBC (Foto: Nurdiansah/seputarsulawesi.com)

Disnkes Mamuju : Penyakit Tuberkulosis Masih Masalah Besar


Seputarsulawesi.com, Mamuju,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju sosialisai dan pertemuan advokasi sektor pembentukan desa sadar tuberkulosis (TB/TBC) di Aula Kantor Dinas kesehatan Kabupaten Mamuju, Rabu, 1 November 2017.

Sekertaris Daerah Kabupaten Mamuju, H.Suaib mengatakan meski anggaran untuk pembentukan desa sadar TB/TBC terbatas, namun diharapkan petugas medis harus tetap semangat dalam menjalankan tugas.

"Penyakit tuberkulosis masih merupakan masalah besar di Kabupaten Mamuju, olehnya itu dengan dibentuknya desa sadar TB/TBC bisa menjadi satu strategi bagaimana meningkatkan peran masyarakat dalam penanggulangan TB/TBC," kata Suaib.

Melalui desa sadar TB/TBC, lanjut Suaib, kita berharap penjaringan penderita TB/TBC dan pemutusan rantai penularan kuman di satu wilayah dapat dilakukan sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gejala TB/TBC.

"Jumlah kasus TB/TBC di Kabupaten Mamuju (SITT 2016) sebanyak 533 kasus, dengan rincian jumlah kematian selama berobat 6 orang, jumlah kasus baru terdiagnosa sebesar 52 kasus dan pengobatan ulang sebesar 11 orang, angka penemuan TB pada anak 22 orang," jelas Suaib.

Suaib berharap dengan dibentuknya desa-desa sadar TB/TBC di antaranya Desa Tapalang, Desa Dungkait, Desa Botteng, Desa Binanga, Desa Tampa Padang dan Desa Beru – beru bisa semakin meningkatkan kesadaran dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan TB/TBC.

  • 102 Dibaca