DPAK dan KKN-PPL UNM Gelar Seminar Anti Korupsi di Takalar


Seputarsulawesi.com, Takalar - Duta Pendidikan Anti Korupsi  (DPAK) dan Mahasiswa KKN-PPL angkatan XV Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar anti korupsi di SMKN 4 Kabupaten Takalar, Sabtu, 11 November 2017.

Seminar yang bertemakan "Remaja Pahlawan Muda Anti Korupsi" ini selain melibatkan kalangan pelajar di Kabupaten Takalar sebagai peserta, juga menghadirkan Nurhidayatullah B. Cottong, Project Manager Indonesian Youth Against Corruption (IYAC) tahun 2017 sebagai pembicara.

Nurhidayatullah dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa korupsi merupakan tindakan yang merusak citra pribadi, bangsa dan negara. Olehnya itu, pelajar harus belajar dan menerapkan nilai-nilai anti korupsi sedini mungkin.

Nurhidayatullah yang hadir bersama rekannya, Dadang Wardana Mas Bakar yang tak lain adalah pendiri sekaligus Sekretaris Jenderal Fraksi Muda Indonesia mengungkapkan pentingnya kemampuan analisa terhadap pelajar dalam situasi dan kondisi di lingkungannya.

"Sebagai pelajar harus punya kemampuan analisa terhadap kejadian di lingkungan sekitar" ucap Dadang.

Menurutnya, untuk mencegah korupsi harus tahu wewenang dan kebijakan, dan kepekaan adalah salah satu faktor yang perlu ada pada jiwa pelajar sebagai generasi bangsa kedepan.

"Mencegah korupsi itu beda-beda tipis dengan politik, kita harus peka terhadap masalah sosial di masyarakat," ungkap Dadang.

Sementara itu, Ayu Hartina. L, salah seorang pengurus Duta Pendidikan Anti Korupsi  dalam laporannya mengatakan bahwa, kedepan SPAK akan melakukan kegiatan-kegiatan yang serupa di berbagai sekolah sebagai bentuk komitmennya dalam mencegah bahaya korupsi.

Laporan: Asnawi Kajang

  • 139 Dibaca