Gapoktan Gowa Rencana Buka Toko Pertanian Organik


Seputarsulawesi.com, Gowa- Direktur lembaga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Gowa, Jamaluddin Dg. Abu mengatakan meski terdapat beberapa toko tani di Makassar dan Gowa, namun toko tani organik masih terbilang langka  dan bahkan boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Minimnya ketersediaan pupuk organik ini, menjadi salahsatu penyebab petani di Kabupaten Gowa  lambat beralih menjadi petani organik.

"Alih penggunaan pupuk dari anorganik ke organik itu hanya bisa terjadi jika toko yang menjual alat-alat pertanian menyediakan pupuk organik," ungkapnya via Rilis ke seputarsulawesi,com. Kamis sore (19/11).

Jamal mengatakan, pihaknya sudah mendatangi beberapa toko tani di Makassar dan Gowa untuk menanyakan ketersediaan pupuk organik, namun pemilik toko yang didatangi tersebut mengatakan lebih menyukai pupuk selain organik karena faktor pemasaran yang lebih cepat.

Minimnya ketersediaan pupuk organik ini membuat Jamaluddin dan beberapa rekannya di Gapoktan Gowa berencana membuka toko tani organik yang terbilang masih langka di Sulawesi Selatan itu. Toko Tani Organik ini bertujuan untuk menyediakan pupuk organik bagi petani–petani yang ada di Kabupaten Gowa dan Sekitarnya.

Untuk menyuplai ketersedian bahan atau pupuk organik itu, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan pupuk organik, Seperti PT. Natural Nusantara (Nasa) di Yogyakarta, PT. Agung Kencono (Malang) dan beberpa CV yang menjadi mitra Toko Tani Organik lainnya.

Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah dan DPRD Kabupaten Gowa mendukung rencana pemasaran pupuk organik tersebut, minimal ikut serta menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mengunakan pupuk organik. "Cara-cara seperti ini mungkin bisa dilakukan dengan cara mengadakan percontohan budidaya pertanian organik, menyediakan hadiah undian bagi pembeli pupuk organik seperti hadiah sepeda motor, sprayer dan HP," tutup Jamaluddin. (Sul)

  • 1208 Dibaca