Gubernur Sulsel dan KPU Sulsel Mou Kesepakatan Dana Pilgub


Seputarsulawesi.com, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Iqbal Latief melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kesepakatan pendanaan bersama (Sharing), mengenai anggaran Pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang.

Syahrul mengungkapkan penandatangan MoU tersebut merupakan tanda kesiapan dalam melaksanakan Pilkada, sesuai dengan jadwal dan prosedur yang berlaku.

"Ini tanda kesiapan untuk melaksanakan Pilkada sesuai jadwal dan prosedur yang berlaku," kata Syahrul di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Jalan Urip Sumoharjo, Selasa, 8 Agusutus 2017.

Syahrul menuturkan ia tidak melihat dari besar dan berapa banyak anggaran yang diturunkan, tetapi ia melihat dalam pelaksanaan Pilkada tersebut sukses dan dapat terencana sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Bukan tentang besarnya dana, tetapi kemauan melaksanakan acara sehingga sukses,” ujar Syahrul.

Sementara Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief mengungkapkan setelah proses diskusi dan pembahasan dengan Pemerintah Provinsi serta DPRD Provinsi telah disepakati anggaran Pilkada sebesar Rp 456 miliar lebih.

"Anggaran itu udah didesain dari anggaran yang akan di bagikan ke 12 Kabupaten/Kota sebanyak kurang lebih Rp 86 miliar," ungkap Iqbal Latienf.

Selain itu, Iqbal mengatakan dana sharing tersebut harus diadakan untuk menunjang dan meningkatkan kinerja dalam pemilihan umum.

"Desain awal Pilgub tanpa dana sharing itu memerlukan dana Rp 695 miliar, akan tetapi dengan pola sharing ini maka dapat ditekan menjadi Rp 456 miliar lebih," paparnya.

Penulis: Fathullah Syahrul

  • 85 Dibaca