Suasana Haul Gus Dur (Foto: Istimewah)

Gus Mus: Jika di NU Saja Tak Bisa Rukun, Maka Jangan Harap Ukhuwah Islamiyah akan Terwujud


Seputarsulawesi.com, Jakarta- KH Ahmad Mustofa Bisri di acara haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengatakan, jika warga Nahdlatul Ulama (NU) tidak bisa rukun antar sesamanya, maka jangan pernah berharap ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antar umat Islam) akan terwujud.

"Jangan harap ukhuwah islamiyah akan terwujud, jika di NU saja kita tak bisa rukun," kata pria yang akrab disapa Gus Mus ini saat menyampaikan tauziah di acara haul ke- 8 Gus Dur di Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat  malam, 22 Desember 2017.
  
Lebih lanjut, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang ini mengatakan, jika sebagian umat Islam menjalankan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah nahdiyah masih tertatih-tatih, maka berbeda dengan Gus Dur. Menurutnya, Gus Dur sudah melampaui semua itu, dan ia sudah sampai pada makam ukhuwah insaniah.
 
"Makanya Gus Dur sangat peduli terhadap kemanusiaan, karena makamnya sudah sampai di sana," jelasnya.

Selain Gus Mus, hadir juga Anregurutta Sanusi Baco, Ketua Majelis Ulama Islam (MUI) Sulawesi Selatan sebagai pembawa tauziah di acara yang bertemakan "Gus Dur Semua Demi Bangsa dan Negara," ini.

Acara yang sekaligus dirangkaikan dengan pembacaan tahlil dan istighotsah ini juga dimeriahkan oleh penampilan Queen Marry, grup biola asal Temanggung, Jawa Tengah, dan grup musik kawakan Bimbo.

  • 164 Dibaca