Kadisdukcapil Burhanuddin mengenakan baju batik matif cokelat. (Foto: Istimewa)

Hadiri Rapat Golkar, Panwaslu akan Segera Panggil Kadisdukcapil Polman


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Polman akan segera memanggil Burhanuddin, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Polman guna dimintai keterangan terkait kehadirannya di Rapat Partai Golkar Polman beberapa hari lalu.

Kepala Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Polman, Arhamsah mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian dan akan segera memanggil Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersangkutan, karena diduga telah melakukan pelanggaran terkait kehadirannya di rapat salah satu partai politik.

"Beberapa pihak akan kita panggil, termasuk yang bersangkutan untuk mengklarifikasi keadirannya di rapat tersebut. Kami di Panwaslu mempunyai aturan soal ASN yang berpolitik," ungkapnya.

Arhamsah menjelaskan, proses penyelidikan akan berlangsung selama 14 hari, dan jika terbukti melakukan pelanggaran, maka pihaknya akan segara mengeluarkan rekomendasi ke komisi ASN dan Mendagri. 

"Kita akan merujuk ke UU ASN dengan terlebih dahulu melakukan kajian. Jika terbukti, maka Panwaslu akan mengeluarkan rekomendasi ke  komisi ASN dan Mendagri. Panwaslu bukan eksekutor, hanya melakukan proses. Yang menilai itu, komisi ASN," jelasnya.  

Sementara itu, Sekertaris DPD 2 Partai Golkar, Abu Bakar Kadir membenarkan kehadiran Kadisdukcapil di rapat Partai Golkar tersebut. Menurutnya, kehadirannya di rapat itu, karena yang bersangkutan melakukan pendaftaran sebagai Bakal Calon (Balon) Legislatif Periode 2019-2024 mendatang. 

"Dia datang karena diundang sebagai bakal Caleg partai Golkar, namun dia belum resmi sebagai kader Golkar, baru sebatas mendaftar saja, dan itu belum dipastikan lolos, karena harus melalui proses penjaringan," ungkapnya.

Tag :

golkar polman
  • 162 Dibaca