Halau Radikalisme di Dunia Maya, BNPT Galang Dukungan Berbagai Elemen


Seputarsulawesi.com, Jakarta- Upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam menghalau paham radikalisme di masyarakat terus dilakukan dengan menggalang dukungan dari berbagai kalangan, termasuk kaum milenial yang aktif sebagai Bloger, Youtuber, Mahasiswa pers kampus, pegiat dunia maya dan wartawan dari berbagai media.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Didi Hartaya, M.Pd saat mewakili Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta dalam menyampaikan laporan kepanitiaan di acara literasi digital sebagai upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di masyarakat.

“Peserta yang kebanyakan dari kaum milenial yang hadir dalam kegiatan ini kita harapkan mampu berpartisipasi dalam pencegahan paham radikal-terorisme melalui dunia maya”. Jelas Didi yang juga Bendahara FKPT DKI Jakarta, Rabu 31 Oktober 2018.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjend. Pol. Ir. Hamli, M.E menyampaikan bahwa, jika dulu masyarakat hanya mengenal dua dunia, yaitu dunia nyata dan dunia gaib, saat ini telah ada dunia maya.

“Di dunia maya inilah banyak berkeliaran konten radikalisme”, jelas Hamli dalam acara yang bertemakan “saring sebelum sharing” di Ibis Stykes Hotels Jakarta Pusat.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran bagi kaum milenial, khususnya yang aktif di dunia maya, agar mereka dapat berpartisipasi dalam pencegahan radikalisme di media sosial

“Kita berharap para peserta nantinya mampu memproduksi konten-konten damai, toleransi dan positif yang mampu mengimbangi atau menghalau konten radikalisme agar warga di dunia maya tidak terjangkit virus tersebut” tegas Hamli di hadapan 105 orang peserta.

Senada dengan itu, Plt. Kaban Kesbangpol DKI Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.S menyampaikan bahwa para pesrta diharapkan nantinya bisa berkolaborasi dengan pihak pemerintah melalui jaringan informasi Kesbangpol dalam deteksi dini paham radikal-terorisme di dunia maya.

“Kami memiliki 2670 anggota yang tergabung dalam jaringan informasi Kesbangpol dan tersebar disetiap kelurahan, dan setiap anggota kami bekali gadget serta siap bekolaborasi dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di dunia maya”, tutup Taufan saat memberikan sambutan.

Tag :

bnpt radikal
  • 60 Dibaca