Muhammad Hanif Dhakiri saat berfoto bersama peserta Konsolnas se-Indonesia

Hanif Dhakiri Buka Acara Konsolnas Mahasiswa Pascasarjana di UGM


Seputarsulawesi.com, Yogyakarta- Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri membuka acara Konsolidasi Keilmuan Nasional Pascasarjana se-Indonesia di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Rabu, 13 September 2017. Selain membuka acara, pria kelahiran 6 Juli 1972 ini sekaligus didaulat menyampaikan kuliah umum di depan puluhan peserta Konsolnas. 

Di acara yang di helat oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, Hanif menyampaikan bahwa, ada dua kendala Ketagakerjaan yang dihadapi Indonesia saat ini, yaitu; persoalan pendidikan dan ketidaksesuaian antara bidang keilmuan dan pekerjaan angkatan kerja. 

"Ini adalah masalah yang harus diselesaikan bersama, termasuk peran perguruan tinggi, khususnya UGM dalam mencetak sarjana-sarjana profesional di bidangnya," jelasnya Hanif saat memberikan kuliah umum.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Takbir, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 25 orang peserta, mereka merupakan mahasiswa pascasarjana yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Takbir mengatakan, utusan dari berbagai perguruan tinggi tersebut, akan mempresentasikan hasil riset mereka, dan hasil riset tersebut selanjutnya akan direkomendasi ke Presiden Joko Widodo guna menyelesaikan kendala-kendala yang dihadapi bangsa ini.

"Kami akan berusaha menggagas rekomendasi dan solusi dari berbagai bidang yang akan dikawal ke beberapa stakeholder atau instansi terkait," kata Takbir 

Tak hanya itu, selaku ketua HMP UGM, takbir juga menyampaikan ucapan terima kasih pada pak menteri tenaga kerja yang sudah bersedia hadir membuka acara tersebut.  

Hal yang sama juga disampaikan oleh  Sekretaris HMP UGM, Ince Hady Rachmat, ia mengatakan, lembaga mahasiswa pascasarjana perlu berdiaspora dalam berbagai hal, bukan hanya sekedar berwacana akan tetapi juga mampu menguasai peran-peran strategis dalam pembangunan nasional.

"Kami bersyukur pak menteri hadir menyapa kami, ini merupakan wujud keseriusan pemerintah, utamanya Kementerian Tenaga Kerja untuk mewujudkan rekomendasi dari kegiatan ini," tegas Ince yang juga alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) ini.

Menurutnya, kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Gedung Pascasarjana UGM itu, akan berlangsung selama lima hari, terhitung dari 13 hingga 15 September 2017 mendatang. 

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini, diantaranya Muhammad Romahurmuziy (DPR RI), Neng Eem Marhamah (DPR RI), Brigjenpol. Ir. Hamli (Direktur BNPT RI), Prof. Mukhtasar Syamsuddin (Dekan Filsafat UGM) dan Petrus Beruatwarin (Sekda Maluku Tenggara).

  • 174 Dibaca