Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani), Idham Arsyad

Idham Arsyad: Dari Aktivis Petani Menuju Senayan


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (GERBANG TANI), Idham Arsyad nyaleg untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sulawesi Selatan 3. Mantan Sekjen Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) ini maju dengan mengedarai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia dipercaya oleh Ketua PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk memimpin GERBANG TANI yang merupakan organisasi sayap tani PKB ini karena pengalamannya yang panjang dalam mengadvokasi kasus tanah dan pertanian di Indonesia.

Bagi Idham Arsyad, politik harus mengabdi pada kepentingan rakyat, khususnya rakyat marginal di pedesaan. "Petani, nelayan dan masyarakat adat di pedesaan harus melek politik jika mau hak-haknya tegak di negeri ini," tegasnya, Rabu, 18 Juli 2018.

Di kalangan aktivis Sulawesi Selatan nama Idham Arsyad sudah tak asing lagi. Sebelum berkiprah di Lemabaga Swadaya Masyarakat (LSM) nasional. Ia aktif di beberapa LSM di Sulawesi Selatan. Idham Arsyad merupakan salah satu dewan pendiri Lembaga Advokasi dan pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel. Ia juga pernah menjabat Deputi Direktur Eksekutif WALHI Sulsel.

Alumni IAIN Alaudin Makassar ini sejak mahasiswa sudah aktif sebagai aktivis. Ia tercatat sebagai aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan menjadi tokoh mahasiswa yang terlibat dalam gerakan reformasi 1998 yang berhasil melengserkan Presiden Soeharto.

Saat ini, Idham Arsyad juga dipercaya Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo sebagai ketua Pokja Masyarakat Sipil Kemendesa.

  • 541 Dibaca