IKA-MAN dan KMPBA Sulbar Gelar Perkampungan Bahasa di Polman


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Komunitas Mahasiswa Pecinta Bahasa Arab (KMPBA) Sulawesi Barat bekerjasama dengan Ikatan Alumni Madrasah Aliah Negeri (IKA-MAN) 1 Polewali Mandar (Polman) menggelar pengkampungan bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Polman, Kamis 11 Januari 2018.

Kegiatan yang bertemakan “Bahasa Arab adalah Pondasi Dasar Memahami Peradaban Manusia dan Kebudayaan Islam” ini selain bertujuan untuk meningkatkan, dan memperdalam pemahaman bahasa Arab dikalangan Siswa-siswi MAN 1 Polman,  juga untuk mengaktualisasikan teori bahasa Arab yang selama ini telah mereka pelajari di sekolah.

“Semoga perkampungan bahasa ini bisa memberikan kesadaran kepada peserta didik tentang pentingnya mempelajari dan mengaktualisasikan bahasa Arab,” ucap Zulkifli Razak, Ketua IKA-MAN Polman saat dihubungi Seputarsulawesi.com.

Sementara itu, Ketua KMPBA, Hasbi Ash-Shiddiq dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya bahasa Arab sebagai fondasi kebudayaan dan peradaban Islam. Kata Hasbi, tanpa bahasa Arab, mustahil seseorang bisa mengetahui peradaban Islam secara mendalam, sebab bahasa Arab merupakan kunci utama peradaban Islam.

“Saya berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dan saya berharap adek-adek bisa mengikutinya dengan baik,” ucapnya dihadapan ratusan peserta.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Kepala Sekolah MAN 1 Polman, Marsuki, S.Ag., M.Pd. Ia mengatakan, dewasa ini bahasa Arab sangat penting untuk dikuasai, sebab ia merupakan salah satu pintu utama untuk mengetahui perkembangan dunia, tak terkecuali perkembangan di Timur Tengah.

Selain itu, Marsuki juga mengapresiasi pelaksanaan Kampung Bahasa Arab tersebut. Apalagi kegiatan itu dihelat diawal tahun 2018, dan berharap kegiatan yang sama bisa digelar di tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah program tahun 2017, dan semoga akhir tahun 2018 nanti bisa dilaksanakan kembali,” harapnya.

Sekadar diketahui, saat ini tercatat sekitar 30 orang lebih Alumni MAN 1 Polman yang tersebar di berbagai perguruan tinggi mengambil jurusan Pendidikan bahasa Arab dan Sastra Arab. Mereka ini diharapkan bisa turut serta berkontribusi dalam pengayaan bahasa Arab, khususnya di internal IKA-MAN Polman.

  • 262 Dibaca