Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat menghadiri Rapat Pengembangan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2017 Provinsi Sulawesi Barat, yang berlangsung di ruang Aula Wisma Malaqbiq, Rabu, 13 Desember 2017. (Foto Humas Pemprov Sulbar)

Indeks Demokrasi di Sulbar Alami Peningkatan 4,12 Persen


Seputarsulawesi.com, Mamuju- Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) mengatakan Provinsi Sulbar telah berhasil mengumpulkan data Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). 

Data IDI 2016 tersebut diperoleh melalui penelusuran meluai berita surat kabar, dokumen, Focus Group Discussion ( FGD) dan wawancara mendalam. 

ABM mengatakan, data IDI tersebut mengalami peningkatan 72,37 persen dari tahun sebelumnya sebesar 68,25 persen. 

Hal tersebut disampaikan ABM saat menghadiri Rapat Pengembangan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2017 di ruang Aula Wisma Malaqbiq, Rabu, 13 Desember 2017.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Sulbar ini mengatakan, peningkatan IDI tidak hanya dipengaruhi oleh situasi yang berkembang di daerah, akan tetapi juga dipengaruhi oleh situasi politik nasional dewasa ini. 

“Pembangunan sistem politik yang demokratis diarahkan agar mampu mempertahankan keutuhan Republik Indonesia  dan mempererat persatuan dan kesatuan, agar keadilan sosial dan kesejahteraan merata bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Ali Baal sebagaimana yang dilansir dari humassulbarprov.id, Rabu, 13 Desember 2017.

Awaluddin Mustafa selaku panitia pelaksana menambahkan, kegiatan Rapat Pengembangan IDI 2017 itu bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat dan perkembangan demokrasi di Provinsi Sulbar, meningkatkan IDI dengan sejumlah aspek demokrasi di daerah tersebut, diantaranya, kebebasan sipil, hak-hak politik sebagai tolak ukur dalam menilai tingkat perkembangan demokrasi Sulbar melalui perencanaan pembangunan politik pada tingkat Provinsi.

“Kepada seluruh peserta senantiasa berperan aktif dan memberikan masukan serta langkah- langkah yang positif guna meningkatkan kualitas berdemokrasi di Provinsi Sulawesi Barat, sekaligus mendukung program pemerintah yang dan malaqbi," harap Awaluddin. 

Tag :

abm sulbar
  • 249 Dibaca