Ini Pesan Ketua LlDikti di Konferensi Nasional Inovasi Pendidikan Unasman


Seputarsulawesi.com, Polman,- Konferensi Nasional Inovasi Pendidikan (KNIP) dilaksanakan Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) di Auditorium Prof. Dr. KH. Sahabuddin, Minggu, 9 September 2018.

Kegiatan ini memberi angin segar bagi perubahan dunia pendidikan, terutama dalam aspek menghadapi era revolusi industri saat ini. Hal ini dikatakan Ketua Lembaga Layanan Pendidikam Tinggi (LlDikti) yaitu Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. yang menjadi keynote speaker dalam acara Konferensi Nasional Inovasi Pendidikan yang pertama di Sulawesi Barat tersebut.

Menurut Jasruddin, bahwa tantangan pendidikan kita saat ini adalah inovasi dan daya saing demi peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Tidak adalagi perbedaan antara perguruan tinggi negeri maupun swasta.

"Tantangan kita ke depan adalah daya saing dan kualitas pendidikan kita. Kita sering mengukur kualitas pendidikan dengan waktu selesai dan masa studi yang singkat. Ternyata hasil survei membuktikan bahwa mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi yang terkenal dan IPK tinggi tidak menentukan kualitasnya dan daya saingnya. Sehingga saat ini yang kita butuhkan bukan hanya soal kuantitas, tetapi soal kualitas dan daya saing," ujarnya

Lebih lanjut, guru besar UNM ini juga menambahkan dan mengajak para pendidik khususnya di Sulawesi Barat bahwa ke depan kita semua harus bisa menerima perubahan, terkhusus di bidang teknologi dan pendidikan. Bukan hanya menerima perubahan, tapi memanfaat perubahan tersebut.

"Saatnya para pendidik dimanapun, terutama di Sulawesi Barat untuk dapat menerima tantangan dan perubahan teknologi dan pendidikan kita di era revolusi industri ini. Selain menerima perubahan, kita juga harus bisa memanfaat perubahan terutama pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan," tambahnya.

Di akhir penyampaian materinya, Prof. Jasruddin memberikan motivasi dan mengapresiasi salah satu mahasiswa Unasman Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang telah memenangi lomba bertaraf nasional beberapa waktu lalu.

  • 44 Dibaca