Madrasah Ibtidaiyah Darul Dakwah Wal Irsyad (MI DDI)

Inilah Potret Sekolah Agama di Pelosok Polman


Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Seperti inilah potret pendidikan agama di wilayah pelosok Kabupaten Polewali Mandar. Gambar yang tertera di layar tersebut adalah Madrasah Ibtidaiyah Darul Dakwah Wal Irsyad (MI DDI) yang berada di Desa Taloba, Kecamatan Tubbi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar. 

Beberapa siswanya nampak tak mengenakan pakaian seragam. Sementara dindin sekolah terlihat masih terbuat dari papan dan berlantai tanah. Meski pihak sekolah sudah seringkali memasukkan proposal permohonan bantuan gedung ke instansi terkait, namun hingga saat ini belum mendapat respon. 

Sekolah yang didirikan sejak tahun 2011 ini, baru empat tahun terakhir menggunakan bangunan semi permanen. Berdasarkan informasi dari kepala sekolah setempat menyebutkan, dulunya siswa-siswi sekolah tersebut belajar di bawah kolong rumah warga, dan baru tahun 2014 sekolah tersebut dibangun dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Kami menerima dana BOS sebesar Rp. 5 juta, uang itulah kami gunakan untuk membangun sekolah. Karena dana tersebut tidak cukup, sehingga sekolah ini tidak memiliki perpustakaan dan toilet," papar M Darwis, Kepala Sekolah MII DDI Taloba, Sabtu, 23 Desember 2017.

Baca juga:

Darwis megatakan, saat ini sekolah yang dipimpinya itu memiliki sebanyak 56 orang siswa yang terbagi dalam enam kelas. Karena bagunan sekolah hanya tiga ruangan, oleh guru setempat berinisiatif mengabungkan kelas satu dengan kelas dua, demikian juga, kelas tiga digabung dengan kelas empat, dan lima digabung degan kelas enam.  

"Adapun guru di sekolah ini berjumlah sembilan orang, lima diantarnya sudah sarjana, tiga orang masih kuliah, dan satu orang berstatus PNS. Dari sembilan guru itu, delapan orang berstatus sukarela," jelas Darwis.

Tag :

pendidikan
  • 554 Dibaca