Peneliti Puslitbang Agama Abd. Jamil (kanan)

Isu Lingkungan Masuk Dalam Roadmap Kementrian Agama


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Isu lingkungan hidup masuk dalam roadmap atau perencanaan strategis Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama untuk 25 tahun ke depan.

Hal ini terungkap saat workshop uji draft final roadmap pengembangan umat Islam Indonesia yang terlaksana dengan kerjasama Balai Litbang Makassar yang berlangsung di Hotel Aryaduta Makassar, Kamis 7 Desember 2017.

Peneliti Puslitbang Agama Abd. Jamil mengatakan isu lingkungan menjadi perhatian karena jumlah kejadian bencana karena kerusakan lingkungan hidup sangat tinggi di Indonesia yang mayoritas penduduknya umat Islam.

"Umat Islam mesti menjadi aktor kunci dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup," kata Abd. Majid.

Ia menambahkan jumlah kejadian bencana di Indonesia tahun 2016 mencapai 2.342 kejadian dan lebih dari 98% terkait dengan kerusakan lingkungan.

"Bencana tidak mengenal agama, tapi pelaku pengrusakan lingkungan yang menyebabkan bencana beragama," tambahnya.

Selain isu lingkungan dalam roadmap pengembangan umat Islam di Indonesia ini juga membahas isu pengembangan dakwah, sosial, dan budaya umat Islam, pengembanga politik kebangsaan umat Islam, dan pengembangan Ekonomi umat Islam.

Hadir dalam workshop uji draft final roadmap pengembangan umat Islam di Indonesia ini perwakilan peneliti Litbang Agama, perwakilan organisasi keagamaan, akademisi dan organisasi masyarakat sipil.

  • 77 Dibaca