Polres Gowa saat menertibkan "Pak Oga" di Jalan Tun Abdul Razak Gowa.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Gowa Gelar Operasi Lilin di Sejumlah Titik


Seputarsulawesi.com, Gowa- Jelang perayaan natal dan tahun baru, Polres Gowa melakukan operasi lilin di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Gowa, salah satunya di jalan poros Makassar-Samata. 

Pengamanan intensif ini merupakan tugas pokok bagi aparat Polres Gowa guna menciptakan suasana kondusif jelang perayaan natal dan tahun baru. 

"Ada empat pos pengamanan yang sudah kami dirikan, mulai dari perbatasan kota Makassar hingga Malino. Dan untuk perayaan natal, kami sudah menempatkan 18 personil di setiap gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Gowa," jelas Kompol Sudaryanto, Kabag Ops Polres Gowa, Sabtu, 23 Desember 2017. 

Menurut Sudaryanto operasi lilin tersebut juga di dalamnya terdapat operasi premanisme. Tujuannya, selain untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru, juga untuk menciptakan suasana kondusif jelang libur panjang. Sehingga masyarakat bisa menikmati suasana jalan yang nyaman.

Polres Gowa saat memeriksa enam orang "pak oga" yang beraktifitas di jalan Poros Makassar-Samata, tepatnya di jalan Tun Abdul Razak, Gowa

Selain itu, untuk menciptakan suasana libur yang kondusif, pihaknya tak hanya mengatur alur lalu lintas, tapi juga menertibkan "pak oga" yang beraktifitas di jalur-jalur padat wilayah Kabupaten Gowa, karena dianggap meresahkan pengguna jalan.

"Sudah banyak laporan yang masuk ke kami, ada beberapa masyarakat yang mengeluh karena pada saat mendapat bantuan penyebrangan dari pak Ogah, pak oga biasa memaksa pengemudi untuk memberikan uang. Kalau pengemudi saat itu tak punya uang kecil, maka mereka biasa mengancam," jelas Sudaryanto.

Sudaryanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengamanan hingga operasi lilin tersebut berakhir. Ia berharap, dengan adanya operasi tersebut, warga yang merayakan natal dan tahun baru bisa merayakannya dengan suka cita, tanpa ada ganguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  

Saat operasi lilin berlangsung, nampak puluhan personil aparat kepolisian bersenjata lengkap diturunkan ke lapangan. Diantara mereka ada yang mengenakan seragam Polisi, ada juga yang berpakaian preman dengan mengenakan rompi bertulis "Polisi Anti Bandit".

Usai diperikasa di lokasi operasi lilin, enam orang "pak ogah" ini digelandang ke Kantor Polres Gowa untuk dimintai keterangan lebih lanjut

Saat operasi lilin, Polres Gowa mengamankan enam orang "pak ogah" yang masih berusia remaja. Keenam orang tersebut langsung digelandang ke Kantor Polres Gowa untuk dimintai keterangan lebih lanjut. 

Tag :

gowa polres
  • 193 Dibaca