Jelang Pilkada, KPUD Polman Maksimalkan Tiga Tahapan Utama

  • 19-08-2017

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Polewali Mandar, M Danial menegaskan akan memaksimalkan tiga tahapan utama dalam pelaksanaan Pilkada Polman tahun 2018 mendatang. Dalam pelaksanaan Pilkada tersebut terdiri tiga tahapan utama yaitu, persiapan, penyelenggaraan dan penyelesaian/evaluasi.
 
"Sekarang masih tahapan persiapan untuk penyiapan/penyusunan keputusan yang akan menjadi landasan pelaksanaan kegiatan berdasarkan tahapan Pilkada," kata M Danial kepada seputarsulawesi.com, Sabtu, 19 Agustus 2017.
 
M Danial mengungkapkan, saat ini KPUD Polman sedang menyusun draf pedoman teknis setiap tahapan yang sudah terbit PKPU-nya.
 
"KPU sudah menerbitkan lima Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait Pilkada 2018,"
 
M Danial menjelaskan, lima PKPU tersebut terdiri dari; tahapan program jadwal pemilihan, pemutakhiran data dan daftar pemilih, pencalonan, kampanye dan dana kampanye.
 
M Danial menambahkan, saat ini pihaknya (sekretaris) KPUD Polman masih melakukan tahap penyelesaian administrasi untuk tindak lanjut Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).
 
"Kami juga sementara menunggu petunjuk dari KPU RI," ujar M Danial.
 
M Danial berharap, seluruh jajaran staf KPUD Polman memiliki pemahaman yang memadai tentang PKPU yang nantinya akan dijabarkan dalam pedoman teknis sebagai landasan operasional setiap tahapan dan kegiatan Pilkada sera penyelenggaraan Pilkada 2018 mendatang.
 
"Kami harus bekerja lebih keras karena, tahapannya juga berbarengan dengan pemilihan serentak tahun 2019 yaitu, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden," kata M Danial.