dok. Iqbal

JPPR Petakan Karakter Pemilih, Direktur LAPAR Sulsel ; Patron Klien Pengaruhi Perilaku Pemilih


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR) Sulsel dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memetakan karakter pemilih Sulsel di Warkop Pa'de Alauddin Makassar, Sabtu, 30 Desember 2017.

"Memetakan karakteristik pemilih di Sulsel menjadi hal penting mengingat jumlah pemilih mengalami penurunan di setiap tahunnya," kata Koordinator JPPR Sulsel, Zulfikarnain.

Zulfikarnain menambahkan ada tiga karakteristik pemilih yakni pemilih pragmatis, pemilih kritis dan pemilih sosiologis.

Sementara Direktur Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel, Abdul Karim mengatakan prilaku pemilih sangat berkaitan dengan kebudayaan masyarakat.

"Di Sulsel beberapa ilmuwan menemukan ada kebudayaan patron klien yang berkembang di tengah masyarakat di Sulsel. Hal inilah mempengaruhi prilaku pemilih kita," katanya.

Patron klien muncul, lanjut Karim, karena dipicu oleh dominasi kekuasaan, dominasi sumber daya, faktor keturunan dan kemiskinan.

Sedangkan, Komisioner KPU Sulsel, Mardiana Rusli mengatakan ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pemilih di antaranya menumbuhkan kesadaran pemilih, melakukan pendidikan politik dan membangun partisipasi pemilih

Ia juga mengingatkan bahwa ada sekitar 3,5 juta warga di Sulsel yang tidak masuk dalam kategori pemilih. Dimana salah satu syarat menjadi pemilih berdasarkan undang-undang Pemilu yang baru harus memiliki Kartu Penduduk Elektronik (E-KTP).

"E-KTP menjadi syarat administrasi untuk memilih. Jadi, kami berharap warga Sulsel untuk segera mengurus E-KTP sehingga dapat menggunakan hak suaranya," katanya.

  • 108 Dibaca