Ketua Pokja Masyarakar Sipil Kemendesa, Idham Arsyad

Kemendesa Gelar TOT Program Inovasi Desa


Seputarsulawesi.com, Jakarta,- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyelenggarakan Traning of Trainer Program Inovasi Desa dari tanggal 3 – 7 Juli 2018. TOT ini diikuti seluruh Tenaga Ahli Propinsi dan Satker Propinsi seluruh Indonesia. Program Inovasi Desa ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan dana desa dengan memberikan contoh-contoh yang terbaik dari desa-desa yang inovatif.

Dalam kegiatan ini, Idham Arsyad selaku Ketua Pokja Masyarakat Sipil Kementerian Desa menjadi salah satu grand master trainer yang menfasilitasi proses pelatihan untuk peserta yang berasal dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat. Keterlibatannya dalam proses pelatihan ini karena sejak awal terlibat dalam perumusan modul TOT Program Inovasi Desa.

Idham Arsyad memandang bahwa sejak undang-undang desa diimplementasikan terdapat perkembangan yang luar biasa dari desa dalam menjalankan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. “Berbagai karya yang inovatif telah banyak dilakukan oleh desa-desa kita selama ini, sehingga diperlukan pertukaran pengalaman dan pengetahuan ke desa-desa yang lain, sehingga pelatihan ini menjadi salah satu saran untuk menyebarluaskan karya-karya inovatif dari desa ke desa lainnya,” ujarnya, Rabu, 11 Juli 2018.

Program Inovasi Desa dalam pandangan Idham Arsyad sebagai salah satu bentuk komitmen dari pemerintah untuk membantu desa dalam memajukan dan memandirikan desanya. “Program Inovasi Desa yang diinisiasi oleh Kementerian Desa sebagai wujud dari komitmen Pemerintah untuk mengawal dan membantu desa untuk bisa memanfaatkan dana desa agar lebih maksimal pemanfaatannya, khususnya untuk membantu masyarakat desa” tegasnya.

Idham Arsyad juga menambahkan bahwa program ini tidak akan mengabaikan kewenagan desa sebagaimana dimandatkan dalam UU Desa, sehingga pendamping desa diharapkan dapat memfasilitasi agar program ini masuk dalam perencanaan di masing-masing APBDes.

  • 374 Dibaca