Kemenpora dan Gema Desantara Gelar Pelatihan Pertanian Alami di Soppeng

Array


Seputarsulawesi.com, Soppeng - Gerakan Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia akan gelar pelatihan pertanian alami di pelatihan Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Alami  di Hotel Kayangan, Jl. Kayangan, Kabupaten Soppeng.

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari itu (25 hingga 27 Oktober 2017) diharapkan mampu menjadi ajang pengembangan pertanian alami dan meningkatkan produksi petani dalam berbagai jenis tanaman di Kabupaten Soppeng.

"Kami yakin mampu meningkatkan produksi petani dalam berbagai jenis tanaman seperti yang dilaksanakan masyarakat Bulukumba yang bermula dari kalangan pemuda,” ujar Muh. Ihsyan, Ketua Panitia, Rabu, Rabu, 18 Oktober 2017. 

Ihsyan menambahkan, untuk meningkatkan produktifitas petani, pihaknya akan memprioritaskan jenis tanaman padi, kakao dan jagung. Pasalnya, tanaman itu menjadi salah satu tanaman sentra di Kabupaten Soppeng.

Ihsyan menambahkan, pemuda yang ikut dalam pelatihan tersebut, nantinya akan melakukan pendampingan soal pertanian alami di Kecamatan masing-masing.

Hal senada juga disampaikan oleh Penanggungjawab kegiatan, Ayusri Rahman, ia mengatakan dalam Pendidikan Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Alami/Organik bertujuan untuk mendorong kemandirian dan kedaulatan petani. 

Menurutnya, pertanian alami dapat menjadi pilihan utama di era sekarang ini, apalagi pertanian semacam ini, di samping bisa menjaga kesehatan para konsumen, juga kelestarian lingkungan.

Ayusri mengatakan, pertanian alami adalah sebuah konsep pertanian yang bertumpu pada alam sekitar, tanpa harus ada tambahan dari luar, baik dalam bentuk pupuk maupun pestisida.

"Ini alasan kenapa pemuda desa dilibatkan dalam pertanian alami," katanya ke Seputarsulawesi.com.

Ayusri berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi ruang pendidikan bagi generasi muda, khususnya bagi mereka yang cinta akan pertanian. Apalgi kegiatan ini akan dihadiri sebanyak 100 orang peserta dari delapan Kecamatan di Kabupaten Soppeng, yaitu; Marioriwawo, Lalabata, Ganra, Donri- donri, Citta, Liliriaja, Lilirilau dan Marioriawa.

Tag :

soppeng
  • 678 Dibaca