Ketua Pokja Masyarakat sipil Kemendesa PDTT, Idham Arsyad

Kementrian Desa Konsolidasi Masyarakat Sipil di Makassar


Seputarsulawesi.com, Makassar- Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggl dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melalui Pokja Masyarakat Sipil melaksanakan workshop konsolidasi masyarakat sipil untuk desa membangun desa di Hotel Horison Ultima Makassar, Rabu-Jum'at, 11-13 Oktober 2017.

Ketua Pokja Masyarakat Sipil Kemendesa PDTT, Idham Arsyad mengatakan konsolidasi ini untuk mensinergikan gerakan dan aksi masyarakat sipil dalam rangka membangun dan memberdayakan desa. Selain itu, konsolidasi ini untuk mendapat gambaran isu dan permasalahan tentang desa terkini melalui jejaring Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), pendampingan dan pemerintah desa di daerah.

"Sembilan konsensus masyarakat sipil yang menjadi bagian penting dari pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan dalam mengimplementasikan UU Desa," jelas Idham Arsyad.

Sembilan konsensus itu, lanjut Idham Arsayad, diantaranya penataan ruang pedesaan dan pembaruan agraria, pembangunan desa berbasis ekologi, penguatan desa adat, pelaksanaan demokratisasi desa, penguatan lumbung ekonomi desa, penguatan partisipasi perempuan desa, perwujuan desa inklusi, penguatan desa berbasis infomasi dan teknologi, dan penguatan pelayaan publik di desa.

"Konsolidasi ini diharapkan terciptanya sinkronisasi program prioritas Kemendesa PDTT dengan program kerja jejaring OMS di lapangan," tambah Idham Arsyad.

Konsolidasi ini dihadiri organisasi masyarakat sipil, kepala desa, SKPD Provinsi Sulsel yang terkait.

  • 828 Dibaca