Foto : KH. Yos Sutomo

KH. Yos Sutomo Sebut Terorisme adalah Penjajahan Modern


Seputarsulawesi.com, Samarinda- Ketua Forum Kebangsaan Kalimantan Timur, KH. Yos Sutomo mengatakan, terorisme adalah penjajah baru di era sekarang ini.  

Olehnya itu, untuk mengantisipasi gerakan penjaja tersebut, ia pun meminta agar ormas-ormas Islam, seperti Nadlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah terus melakukan silaturrahmi dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Kalimatan Timur.

"NU dan Muhammadiyah harus dikibarkan untuk mencegah terorisme. Makanya perlu meningkatkan silaturahmi kedua ormas ini dan FKPT Kalimatan Timur," kata KH. Yos Sutomo saat menyampaikan sambutan dalam acara "Dialog Pelibatan LDK dan Birokrasi Kampus Dalam Pencegahan Terorisme" di Auditorium Pascasarjana IAIN Kota Samarinda, Rabu, 18 Oktober 2017.  

Tak hanya itu, CEO Hotel Bumi Senyiur Kaltim ini juga menegaskan pentingnya Pancasila untuk terus dibumikan dan dimuliakan, sebab Pancasila tak hanya berfungsi menjadi perekat persatuan bangsa, tapi juga mampu meredam penyebaran paham radikal-teroris. 

Kegiatan yang berlangsung berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 16.00 ini diikuti sekitar 130 orang peserta, mereka merupakan mahasiswa dan aktifis Lembaga Dakwa Kampus se-Kota Samarinda.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar mengenali paham teroris dan menangkalnya agar tidak masuk menggerogoti lingkungan kampus," kata Hasyim, Ketua FKPT Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Hasyim menghimbau agar peserta menyimak materi yang dibawakan oleh para narasumber, sehingga mereka, para mahasiswa bisa mengenali ciri-ciri dan gerakan kelompok radikalisme. 

"Saya minta kalian mengikuti kegiatan ini sampai akhir, dan menyimak materi-materi yang akan dibawakan oleh para narasumber ahli dari BNPT," katanya di acara tersebut.

  • 93 Dibaca