Kinerja KPID Sulbar Disoal, Andi Rannu: Itu Hanya Sekadar Penilaian


Seputarsulawesi.com, Mamuju- Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Barat, Andi Rannu mengaku tak ingin mengomentari pernyataan Anggota Komisi I DPRD Sulbar, Abdul Rahim yang menyebut KPID Sulbar tidak memberikan manfaat dan kontribusi apa-apa bagi kepentingan lalu lintas informasi di daerah ini.

"Saya kira itu hak beliau selaku anggota Komisi I untuk memberi penilaian terhadap KPID. Dan, sebagai lembaga publik seperti ini, kami harus hargai itu. Sebagaimana juga kemarin kami membaca tanggapan bernada sama dari salah seorang yang menyebut diri aktivis Milenial Institute wilayah ini. Kami sangat mengapresiasi dan menghargai itu," kata Andi Rannu via keterangan tertulisnya ke Seputarsulawesi.com, Kamis 20 September 2018.

Menurutnya, jelang berakhirnya masa jabatan Komisioner KPID Sulawesi Barat Periode 2015-2018, pihaknya memang harus siap dengan berbagai penilaian.

"Saya kira dinamika ini wajar, mempertanyakan kinerja para komisioner menjelang pergantian keanggotaan KPID Sulbar yang segera menjelang, dimana proses pembentukan timselnya memang sedang bergulir di DPRD," katanya lagi.

Menurutnya, pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan berbagai tugas dan tanggungjawab menjelang masa akhir jabatan di penghujung tahun ini. Salah satunya adalah pengawasan siaran lembaga penyiaran, terutama di tahun politik sekarang ini.

"Ranah penyiaran radio dan televisi ini adalah ranah yang tentu saja juga digunakan bagi sosialisasi dan kampanye, baik Pilpres maupun Pileg 2019 mendatang. Maka jelas, fokus kami sekarang di sana, apalagi di wilayah Sulawesi Barat hingga kini memang masih marak televisi berlangganan maupun radio yang tidak berizin namun tetap beroperasi," katanya lagi.

Dirinya menilai, jelang seleksi pemilihan keanggotaan KPID Periode 2018-2021 yang baru mendatang, diskursus menyangkut kinerja lembaganya seperti sekarang ini adalah sebuah kewajaran.

"Sangat lazim, wajar saja. Bahkan, jelang pileg di tahun depan, hal seperti ini juga bisa dialami para wakil-wakil kita itu. Jadi penilaian atas kinerja ini mutlak, dan karenanya kami sangat mengapresiasi itu," jelasnya.

Andi menambahkan, tak ingin terganggu dengan berbagai pemberitaan jelang seleksi KPID mendatang, pihaknya akan tetap fokus dalam melaksanakan tugas.

"Kami juga bertanggungjawab untuk mengakhiri tugas dengan baik pada Desember mendatang, dan menyiapkan berbagai hal menghadapi seleksi KPID Sulbar 2018 dengan sebaik-baiknya, termasuk peralihan keanggotaan KPID Sulbar nantinya. Saya juga telah meminta para Komisioner KPID Sulbar untuk tetap fokus menyelesaikan tugas dan tanggungjawab mereka hingga akhir masa jabatan kami nantinya," tutupnya.

  • 89 Dibaca