Koalisi Keumatan Dorong AAN Maju Jalur Independen, Ini Kata Pengamat Politik


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Pengamat Politik Sulawesi Selatan, Arif Wicakcono mengatakan, jika Agus Arifin Nu'mang (AAN) akan maju pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018 mendatang melalui jalur independen dengan rentang waktu yang begitu mepet akan sangat sulit bagi tim AAN untuk mengurus teknis persiapan dan pelaksanaan maju melalui jalur independen di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Arif Wicaksono menanggapi pemberitaan tentang Wakil Gubernur Sulsel dua periode itu telah melaksanakan Deklarasi Koalisi Keumatan untuk mengusung dirinya sebagai Calon Gubernur Sulsel melalui jalur independen.

"Menurut saya, bisa saja Pak Agus maju independen, tapi ini akan sangat sulit bagi tim AAN mengingat waktu yang semakin mepet," kata Arif Wicaksono kepada Seputarsulawesi.com, Rabu, 8 November 2017.

"Selain itu, anggaran yang harus disediakan tidak sedikit juga, kecuali memang jika Pak Agus sudah lama mempersiapkannya," terang Arif Wicaksono.

Arif Wicaksono mengungkapkan, jika Koalisi Keummatan lahir dari inisiatif kelompok-kelompok keumatan seperti yang telah diberitakan sebelumnya. Maka menurut dia hal tersebut bukan politisasi Ormas.

"Sepanjang bukan pak Agus yang menggerakkan, itu bukan politisasi Ormas dan tidak ada yang terlanggar," jelas Arif Wicakcono.

Sementara, pengamat komunikasi politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan, jika Agus Arifin Nu'mang akan tetap maju sebagai calon Gubernur Sulsel dengan Koalisisi Keummatan melalui jalur independen sebaiknya Agus mengoptimalkan jalur independen dan juga mengoptimalkan waktu yang kian mepet.

"Setidaknya, Agus optimalkan jalur independen dengan waktu yang mepet. Baik tim maupun biaya serta menyiapkan wakilnya," ujar Firdaus Muhammad saat dikonfirmasi Seputarsulawesi.com, Rabu, 8 November 2017.

Diketahui sebelumnya, sejumlah elemen dan tokoh Ormas Islam seperti; Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Darud Da'wah Wal Irsyad (DDI),  As'sdiyah, Wahdah, Jamaah Ahlit Thariqah berkumpul di Rumah Jabatan (Rujab) Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu'mang di Jalan Yusuf Daeng Ngawing Makassar, Selasa, 7 November 2017 malam.

Kehadiran sejumlah tokoh dan pimpinan Ormas Islam tersebut dalam rangka menggelar Deklarasi Koalisi Keummatan untuk mengusung Agus Arifin Nu'mang sebagai Calon Gubernur Sulawesi Selatan melalui jalur independen.

  • 150 Dibaca