Para peserta Born to Protect Makassar

Kominfo Cari 10.000 Pemuda Berbakat Dibidang Cyber Security


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Puncak acara Born to Protect Makassar yang diadakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di buka hari ini, Sabtu, 24 November 2017.

Kegiatan Born to Protect di Makassar ini merupakan kegiatan yang didukung penuh oleh Kementrian Kominfo, Xynexis, dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Wilayah IX Makassar dalam rangka menjaring 10.000 generasi muda berbakat dan memiliki potensi dibidang cyber security setiap tahun.

Dalam rangkaian pembukaan, sambutan pertama dibawakan oleh Rektor Universitas Muslim Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor V Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan saat ini dunia kampus sudah bertansformasi ke arah digital, olehnya diharapkan dengan adanya kegiatan seperti Born to Protect yang akan menjaring gladiator IT security ini bisa mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

"Untuk itu kemudian diadakan penandatanganan MoU antara PT Xynexis dan Universitas Muslim Indonesia dengan harapan kegiatan ini memberi kontribusi untuk masyarakat dan civitas akademika di kampus." Katanya.
 
Sementara Direktur Keamanan Informasi Kominfo, Aidil Chendramata, mengatakan tahun 2016 banyak serangan malware seperti ransomware yang sempat menghebohkan, bahkan pada akhir 2017 bukan hanya malware tapi ada muncul serangan langsung yang tujuannya untuk pencurian data-data yang sifatnya penting. Sementara jumlah SDM yang menguasai  cyber security sangat minim, melalui pencarian bakat born to protect diharapkan muncul orang-orang yang dengan bakat terbaik untuk dibina secara khusus, selajutnya mereka dapat terjun langsung ke industri-industri untuk menunjang proses transformasi digital.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan Seminar Transformasi Digital untuk meningkatkan ekonomi digital dengan materi :

• Born To Protect oleh PT. Xynexis International: Eva Noor
• Awareness Trend Keamanan Bertransaksi Online di kalangan Mahasiswa oleh Kasubdit Budaya Keamanan Informasi: Intan Rahayu
• Security Digital Banking, Bank Central Asia
• Penjaminan Simpanan di Era Digital Economi, oleh Lembaga Penjamin Simpanan: Fenty Simanjuntak
• EC Council ibu Tin Tin Hadijanto
• Warning!! Your Account is Under Attack.  Pencegahan, tips and trik. oleh  Aat Sadewa

Laporan Lukman Syafie dari Makassar

Tag :

makassar umi
  • 425 Dibaca