Konfercab IV HMI Jeneponto Dinilai Cacat Konstitusi


Seputarsulawesi.com, Jeneponto- Perhelatan Konferensi Cabang (Konfercab) ke IV HMI Cabang Jeneponto yang dilaksanakan di Kota Makassar menuai pro dan kontra dari kader HMI Cabang Jeneponto. Dua di antaranya datang dari Ahmadi dan Rizal guntur, kader non struktural HMI Cabang Jeneponto. Meraka menilai konferensi cabang yang dilangsungkan di Makassar itu cacat konstitusi dan tidak dihadiri oleh pengurus HMI Cabang Jeneponto.

Terkait dengan pernyataan itu, Ketua Umum HMI Jeneponto, Muh. Amin menilai sebagai hal yang wajar bagian dari dinamika organisasi. Namun, ia melihat pernyataan itu tidak berdasar dan sangat subjektif.

"Kompleksitas sistem dan budaya organisasi seperti HMI, memungkinkan terjadinya silang pendapat dan itu merupakan wujud dari dinamika dan proses pendewasaan dalam ber-HMI. Apa lagi Konfercab kemarin mendekati Musda Badko HMI Sulselbar, jadi saya pikir ada oknum yang mencoba mengutak-atik HMI Jeneponto untuk kepentingan Musda," paparnya kepada Seputarsulawesi.com, Minggu (17/4).

Sedangkan Ketua Panitia Konfercab, Muslimin mengatakn sudah menjalankan Konfercab sesuai aturan. "Konfercab yang telah berlangsung dua malam di Tanjung Bayang Makassar, sudah mengikuti prosedur yang berlaku di HMI. Buktinya dari segi informasi, panitia pelaksana telah menyebar publikasi melalui alat peraga spanduk dan beberapa media online. Selain itu, Konfercab juga dihadiri oleh utusan komisariat, pengurus cabang, ada laporan pertanggung jawaban sebagaimana yang diatur dalam anggaran rumah tangga HMI dan yang terpenting Konfercab kemarin juga diketahui oleh pengurus Badko HMI Sulselbar," ungkap Muslimin.

Amin menambahkan adapun kader yang mengklaim dirinya sebagai pengurus HMI Cabang Jeneponto, ternyata telah direshufle dari pengurus cabang Jeneponto karena beberapa pertimbangan dan yang bersangkutan kini tidak lagi berada di wilayah Sulsel.

"Sebaiknya pengurus dan bukan pengurus HMI cabang Jeneponto lebih bijak memandang kondisi ini dan penyegelan sekret HMI cabang Jeneponto merupakan perbuatan yang tidak elok karena dilakukan oleh pengurus cabang yang notabene adalah rumah kader," tambahnya

Ia pun meminta steering comittee untuk merampungkan hasil - hasil Konfercab yang nantinya akan disahkan oleh pengurus besar HMI.

Supratman Suhafid Melaporkan dari Jeneponto

  • 1088 Dibaca