Hidangan Kopi Kampung di Cafe Kopination Manado

Kopi Kampung, Citarasa Minahasa


Seputarsulawesi.com, Manado  –  Kopination satu dari sekian banyak cafe di Manado, yang mencoba menyajikan racikan kopi dengan rasa tradisional berbahan lokal, cengkeh,jahe, dan madu.

Kopi yang diracik khusus bagi penikmat kopi  ini, merupakan salah satu ciri khas etnis Minahasa dalam menikmati secangkir kopi.

“Sejak dari dulu, suku Minahasa meracik kopi dengan mengunakan cengkeh, madu, jahe dan gula aren. Tradisi inilah yang dicoba dilanjutkan dan dipertahankan,” papar Menager Kopination saat, Feli kepada seputarsulawesi.com, di Kopination, Selasa 8 Juli 2017.

Lanjut Feli menuturkan, kopi yang diberi nama “Kopi Kampung” ini berbeda dengan racikan kopi tubruk dan kopi susu, yang disajikan warung kopi atau cafe lainnya di Manado.
Penyajian “Kopi Kampung”, menggunakan tempurung kelapa. Dan dihidangkan secara terpisah dengan gula aren, agar para penikmatnya bisa menyesuaikan selera. 

“Kopi sengaja dihidangkan dengan menggunakan tempurung , agar cita rasa kopi tersebut semakin nikmat. Semakin sering tempurung itu digunakan, aroma tempurung dan kopi akan semakin menyatu,” kata Feli.

“Begitu juga dengan gula aren sebagai pelengkap harus tersedia, agar kopi tidak berasa hambar,”  katanya.

Kopination yang didirikan setahun lalu ini, beralamat di jalan WB.Lapian No. 46 Tikala Manado, yang memperpadukan sajian tradisional dan desaign  interior moderen.

Penulis: Suaib Amin Prawono

Tag :

  • 163 Dibaca