Kepala Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Jan S Maringka saat ekpose kasus korupsi APBD Sulbar Tahun Anggaran 2016. (foto: Abdul Rahman/seputarsulawesi.com)

Korupsi APBD 2016 Sulbar, Pekan Depan Ketua DPRD Sulbar Diperiksa Sebagai Tersangka


Seputarsulawesi.com,Makassar- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Jan S Maringka mengatakan peroses pemeriksaan terhadap empat tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan APBD tahun anggaran 2016 Provinsi Sulbar dijadwalkan pekan depan.

"Pemeriksaan terhadap para tersangka akan dilakukan pekan depan," kata Jan S Maringka, Rabu 4 Oktober 2017.

Menurut Jan S Maringka, penetapan keempat tersangka tersebut hasil dari penyidikan di tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai menyerap anggaran Rp 80 miliar.

"Titik total seluruhnya ada 16 OPD, namun di tiga saja kita sudah menemukan, nanti biar berkembang diproses penyidikan yang lebih lanjut," kata Jan S Maringka.

Dalam kasus dugaan korupsi tersebut kata Jan S Maringka, tersangaka melanggar ketentuan UU No.20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No.31 Tahun 1999 tentang pembarantasan tindak pidana korupsi, terutama pasal 12 huruf (i) di mana penyelenggara negara yang ditugasi melakukan pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung ikut serta dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

"Perbuatan tersebut dilakukan oleh para tersangka dengan cara meminjam perusahaan dan menggunakan orang lain sebagai penghubung (tim sukses,keluarga/kerabat dan orang kepercayaan) untuk kepentingan pribadi dan biaya persen proyek," kata Jan S Maringka.

Sedangkan dana kegiatan lanjut Jan, dalam kenyataanya digunakan secara tidak sesuai dengan peruntukannya sehingga menimbulkan kerugian negara.

 

  • 348 Dibaca