KPUD Polman: Kami Harap Partisipasi Pemilih Pilkada Polman Meningkat


Seputarsulawesi.com, Makassar - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Polewali Mandar berharap, partisipasi pemilih khususnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polewali Mandar tahun 2018 mendatang akan meningkat.

"Yang jelas harapan KPUD Polman, partisipasi lebih meningkat dari yang terakhir," kata Ketua KPUD Polman, M Danial kepada seputarsulawesi, Sabtu, 5 Agustus 2017.

Diketahui sebelumnya, partisipasi pemilih di Polewali Mandar terdiri dari. Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2013 (72,53 %), Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 (66,07 %), Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014 (74,87 %) dan tahun 2017 Pemilihan Gubernur sebanyak (75,43 %).

"Partisipasi Pilbup nanti, tentu diharap lebih baik dan meningkat dari Pilgub 2017," ungkapnya.

Olehnya itu, lanjut M Danial, dalam meningkatkan partisipasi pemilih pihaknya akan merencanakan sosialisasi dalam bentuk kegiatan seperti; tatap muka dengan komunitas masyarakat melalui kesenian tradisonal dan bekerjasama dengan media cetak, online.

"Kami juga akan berusaha mendorong peran berbagai stakeholders, seperti; tokoh agama untuk menyampaikan pesan Pilkada kepada para jamaah/umat," paparnya.

Ia menjelaskan, peran stakeholders dalam sosialisasi, selain untuk meningkatkan partisipasi pemilih, juga memberi penyadaran menjauhi atau mencegah praktik kecuarangan dan Money Politic.

"Kerjasama dan dukungan berbagai pihak itu sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih," tegasnya.

M Danial mengaku, akan membentuk kelompok relawan yaitu para pemuda potensial yang memiliki kemampuan dan kepedulian terhadap Pemilu atau Pilkada.

"Termasuk pemerintah yang telah diamanahkan Undang-undang yang berkewajiban mendorong partisipasi pemilih," kata M Danial.

Penulis: Fathullah Syahrul

  • 128 Dibaca