Kunci Sukses Vietnam Tangani Covid-19

  • 21-03-2020

Di tengah keprihatinan dunia yang amat sangat menghadapi penyebaran virus corona atau covid-19, kabar baik datang dari negara Vietnam. Negara ini dikabarkan berhasil menangani penyebaran Covid-19.  Dibuktikan 16 pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, pada Rabu, 26 Februari 2020 lalu.

Menurut pejabat WHO di Honoi, sebagaimana yang diberitakan Kompas.com, pada 3 Maret 2020 lalu mengatakan, kunci sukses Vietnam menghadapi corona adalah dengan respons yang konsisten dan proaktif.

Soal penanganan corona, kita memang perlu belajar dari Vietnam yang mengedepankan sikap responsif, bukan reaktif, apalagi panik. Sebab penanganan virus yang sudah mengglobal ini, selain dibutuhkan keseriusan dan kerja keras, juga kesadaran bersama.

Kesadaran bersama tidak hanya penting, tapi juga dibutuhkan, mengingat keterbatasan fasilitas kesehatan kita dalam menangani virus mematikan ini. Makanya itu, tidak ada jalan lain kecuali membuktikan pameo yang mengatakan, "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Wujud dari implementasi pameo tersebut, salah satunya adalah mengutamakan kewaspadaan dini. Jika tidak, rumah sakit akan kewalahan menangani pasien korban pandemi global tersebut.

Selain itu, dengan mengedepankan kesadaran seperti ini, kita juga secara tidak langsung meringankan beban saudara-saudari kita (tenaga medis) yang bekerja tak kenal lelah, menangani korban covid-19 ini.  

Sejauh ini, jumlah kasus corona di Indonesia mencapai 369 terkonfirmasi, 320 dalam perawatan, 17 dinyatakan sembuh, dan 32 orang meninggal dunia. Infomasi yang dilansir dari kawalcovid19.com, tertanggal 21 Maret 2020 itu, memperlihatkan bahwasanya jumlah pengidap Covid-19 terus bertambah, demikian pula dengan jumlah kematian terus mengalami peningkatan.

Tentu ada begitu banyak himbauan yang telah dikeluarkan pemerintah kita untuk mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan ini. Bahkan tidak jarang dituangkan dalam bentuk Surat Edaran. Meski demikian, jika hal tersebut dipatuhi dengan penuh kesadaran, maka tentu hasilnya akan sia-sia.

Bersabar dan bersikap bijak di tengah kekhawatiran memang bukan perkara mudah, namun demikian, berusaha untuk bersabar dan bijak di tengah kecemasan hidup akibat penyebaran covid-19 ini sangat dibutuhkan, karena obat dari segala kesusahan adalah kesabaran dan sikap bijak.

Post Tags:

rsud-