Suasana Belajar Kelas Menulis Etnografi di Kantor LAPAR Sulsel

LAPAR dan GUSDURian Makassar Gelar Sekolah Etnografi


Seputarsulawesi.com, Makassar - Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulawesi Selatan kerjasama dengan Jaringan GUSDURian Makassar menggelar kelas menulis etnografi, khususnya bagi mereka yang ingin konsen disoal isu-isu perkotaan. 

Koordinator Jaringan GUSDURian Makassar, Fadlan L Nasurung mengatakan, kegiatan tersebut, diharapkan mampu mendokumentasikan persoalan-persoalan perkotaan, terutama pada aspek-aspek marginal yang luput dari perspektif kebijakan yang dilahirkan oleh pemerintah khususnya di Kota Makassar.

"Setelah pelatihan, mereka akan turun ke lapangan dan melakukan penelitian dan menuliskan temuannya itu dengan model penulisan etnografi," kata Fadlan kepada Seputarsulawesi.com di Kantor LAPAR Sulsel Jl. Toddopuli 7 Makassar, Sabtu, 14 Oktober 2017. 

Fadlan menjelaskan, hasil penelitian tersebut, nantinya akan menjadi bahan rekomedasi ke Pemerintah Kota Makassar dalam hal pengambilan kebijakan. Dalam penelitian tersebut, Fadlan tak menampik para peserta akan menemui masalah.

"Karena rata-rata peserta ini adalah penulis pemula, jadi kebanyakan kendalanya pasti soal pengalaman. Soal kendala ini, nantinya akan diantisipasi oleh para mentor dan fasilitator," tambah Fadlan. 

Sementara salah satu peserta, Andi Awaliyah Wulandari mengaku, dengan kegiatan tersebut dirinya menjadi lebih banyak tahu soal sejarah Kota Makassar. 

"Kalau saya sendiri selaku peserta banyak ilmu yang saya dapatkan, apa lagi soal sejarah Makassar dari masa kemasa yang sebelumnya saya tidak tahu," kata Andi Awaliyah Wulandari

Ia mengatakan, salah satu yang memotivasi dirinya untuk ikut kegiatan tersebut adalah keingin tahuannya soal menulis.

"Yang memotivasi saya untuk ikut kegiatan ini karena saya ingin belajar menulis, karena jujur saya tidak tahu bagaimana menulis dengan baik dan benar," tambahnya.
 

  • 591 Dibaca