Gambar: amalandoawiridblogspot.com

Lima Cara Bangun Pagi


Seputarsulawesi.com, Banyak pepatah mengatakan bahwa ketika kamu bangun pagi secara tidak langsung akan mempengaruhi kegiatanmu dalam satu hari. Berbagai cara bangun pagi dilansirkan untuk menunjang bagaimana agar bangun pagi.

Bagi kamu yang masih mahasiswa, bangun pagi adalah sesuatu yang aahh sudahlah, tidak usah dipikirkan terlalu dalam. Sebenarnya bukan masalah momok susah untuk bangun pagi. Karena sibuk dengan berbagai kegiatan bahkan hingga dini hari (mungkin) menjadi salah satu faktor susah untuk bangun pagi. Alesan? Bukan alesan sih. Hahaha.

Ada beberapa tipe mahasiswa yang banyak memiliki waktu luang atau bahkan sebaliknya. Terkadang yang memiliki banyak waktu luang pun juga susah bangun pagi, tanya kenapa? Yang jelas tanyakan pada dirimu sendiri. Eh, bukan itu maksudnya, melihat aktivitas mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang biasanya cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya dengan ngegame, nongkrong hingga larut malam bahkan dini hari atau pagi hari.

Nah imbasnya bisa bangun di sore hari, sholat shubuh sih sholat, tapi kegiatan di pagi hari menjadi terlewat semua. Menurut ilmu kedokteran jika kegiatan tidur pagi itu menjadi rutinitas maka akan membawa petaka bagi empunya, bisa merusak bagian dalam tubuh lho terutama di sekitar perut.

Sejatinya bangun lebih pagi memiliki banyak manfaat seperti :

1. Pikiran menjadi fresh ketika ingin melakukan sesuatu.

2. Waktu yang paling baik untuk menyerap ilmu

3. Kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas bermanfaat.

Nah, gimana caranya supaya kamu bisa bangun lebih pagi dari biasanya? Ini tipsnya.

1. Minum Air Putih Sebelum Dan Sesudah Tidur

Jika kamu takut untuk bangun telat di pagi hari, sebaiknya sebelum tidur minumlah air putih secukupnya, atau minimal satu gelas gedhe. Hehe. Kenapa? Kalau dilogika jika sebelum tidur minum air putih secukupnya maka akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil dan itu bisa menjadi pemicu buat kamu bangun di pagi hari. Tetapi jangan terlalu banyak, efeknya akan mempengaruhi kinerja ginjal dan malah mengganggu waktu tidurmu.

Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membuat tubuhmu segar kembali setelah tidur yang panjang. Cukup satu gelas setelah bangun tidur maka kamu tidak akan merasa ngantuk lagi dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

2. Makan Jangan Sampai Kekenyangan Sebelum Tidur

Makan terlalu banyak sebelum tidur juga dapat membuatmu susah untuk bangun di pagi hari. Jika kamu memang lapar usahakan jeda menjelang tidur dengan saat makan di atas 2 jam lebih. Selain itu jika kamu tidur tepat sebelumnya melakukan aktivitas makan berat, maka hormon pertumbuhan tidak keluar sehingga tidak ada proses pemecahan lemak. Sebaliknya, makanan yang ada akan tertimbun menjadi lemak. Hasilnya, akan membuat tubuh menjadi gemuk. Proses ini disebut sebagai anabolisme.
Hayoo kekenyangan juga bisa membuatmu gemuk. 

3. Pasang Alarm Didekat Telinga

Pasang alarm handphonemu dengan nada favoritmu + full volume dan letakkan didekat telinga. Tetapi jangan ditempelin ntar telinganya sakit, berabe jadinya. Kalau perlu pakai aplikasi math alarm, jadi kamu harus memecahkan soal matematika dahulu sebelum mematikan alarm tersebut.

4. Usahakan Maksimal Jam 10 Malam Sudah Tidur

Nah yang ini harus ditaati. Karena sejatinya manusia butuh waktu tidur 6–8 jam per hari. Jika kamu tidur larut malam imbasnya ketika bangun kamu akan merasa lelah karena kurang tidur. Berbeda jika kamu tidur larut malam, namun memang benar benar tidur yang high quality.

5. Segera Cuci Muka Setelah Bangun Pagi

Di saat kamu sudah bangun pagi tetapi masih terasa ngantuk, cobalah basuh mukamu dengan air. Membasuh muka dengan air setelah bangun juga membuatmu kembali segar dan bisa melakukan aktivitas di pagi hari seperti biasanya.

Sumber: cumibungting.com

Tag :

kesehatan
  • 141 Dibaca