Direktur LAPAR Sulsel Abdul Karim (kiri) saat Rapat Koordinasi Panwaslu Kota Makassar

Lima Syarat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dari Direktur LAPAR Sulsel


Seputarsulawesi.com, Makassar,- Rapat koordinasi Panwaslu dengan kelompok kepentingan dan perwakilan masyarakat Kota Makassar di Hotel Clarion Makassar, Sabtu 23 November 2017 bersepakat untuk bersama-sama mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) berkualitas.

Baca : Wujudkan Pemilu Berkualitas, Panwaslu Makassar Rapat Koordinasi dengan Perwakilan Masyarakat Sipil  

Direktur Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel Abdul Karim mengatakan untuk mewujudkan Pemilu berkualitas ada lima prasyarat yang mesti dilakukan.

"Syarat yang paling utama adalah menghadirkan Tuhan dalam setiap proses Pemilu. Sehingga kita terhindar dari kecurangan dan tindakan lancung dalam setiap proses Pemilu," katanya.

Yang kedua, Partai Politik (Parpol) harus menjalankan fungsinya yakni melakukan kaderisasi. Hal ini penting untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin berkualitas yang lahir dari proses kaderisasi Parpol.

"Kaderisasi Parpol akan melahirkan pemimpin-pemimpin berkualitas yang paham demokrasi. Namun, hal ini tidak jalan di internal Parpol," katanya.

Syarat yang lain untuk mewujudkan Pemilu berkualitas ialah kontestan atau kandidat yang ingin ikut Pemilu harus mempunyai jiwa yang besar menerima hasil akhir dari proses Pemilu

"Kontestan atau kandidat masti siap menang dan siap kalah," kata Karim.

Yang keempat, lanjut Karim, para tim pemenangan mesti dibekali pengetahuan regulasi dan perundang-undangan. Kapasitas tim pemenangan harus diperbaharui dengan aturan-aturan dalam proses Pemilu. Terutama terkait regulasi dan undang-undang yang baru tentang kepemiluan.

"Dan yang terakhir mendidik masyarakat menjadi pemilih yang cerdas," tambahnya.  

  • 195 Dibaca