Literasi Digital, Upaya BNPT Kounter Radikalisme di Dunia Maya


Seputarsulawesi.com, Jakarta- Badan Nasional Penanggulang Terorisme (BNPT) melalui Direktorat Pencegahan Bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta menggelar Kegiatan Literasi Digital. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran radikalisme dan terorisme di dunia maya.

Kegiatan yang bertemakan “Saring Sebelum Sharing” ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Brigjend. Pol. Ir Hamli, M.E (Direktur Pencegahan BNPT), Anthonius Jimmy Silalahi (Dewan Pers), Lexy Junior H Rambadeta (Tim Konten Kreatif) dan Sunudyantoro (Redaktur Utama Koran Tempo). 

Didi sekaligus Bendahara FKPT DKI Jakarta juga menyampaikan bahwa kegitan ini menghadirkan 105 peserta yang terdiri dari para Bloger, Youtuber, Mahasiswa pers kampus, pegiat dunia maya dan wartawan dari berbagai media. 

“Peserta yang kebanyakan dari kaum milenial yang hadir dalam kegiatan ini kita harapkan mampu berpartisipasi dalam pencegahan paham radikal-terorisme melalui dunia maya”. Katanya, di Ibis Styles Hotels, 31 Oktober 2018.

Didi mengatakan, penjelasan dari berbagai narasumber yang ahli dibidang masing-masing itu diharapkan mampu memberikan pencerahan terkait bagaimana memproduksi konten-konten damai dan toleransi di dunia maya serta memberikan informasi terkait ciri-ciri paham radikal-terorisme dan yang harus dilakukan untuk meng-kaunter.

“Setelah kegiatan ini, BNPT dan FKPT mengharapkan peserta dapat mengaplikasikan  apa yang mereka dapatkan dengan menggunakan alat digital (gadget) untuk meng-kounter penyebaran paham radikal-terorisme di dunia maya,” tutup Didi yang mewakili Ketua FKPT DKI Jakarta.

Sementara itu, Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjend. Pol. Ir. Hamli, M.E menyampaikan bahwa di dunia maya banyak berkeliaran konten paham radikal-terorisme, sehingga kegiatan tersebut bertujuan untuk mengimbangi dan meng-kounter konten tersebut agar tidak menjadi virus bagi warga dunia maya.

Sumber: BNPT RI

Tag :

bnpt radikal
  • 48 Dibaca