LPPKS-BKPRMI Sulsel Gelar Pelatihan Menata Jiwa


Seputarsulawesi.com, Makassar- Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Sakinah-Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPKS-BKPRMI) Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar Pelatihan Nasional Menata Jiwa Mencapai Nafsu Mutmainnah, Sabtu 15 April 2017 mendatang.

Kegiatan yang rencananya akan dihelat di Gedung Erlangga, Jalan Hertasning Makassar ini akan menghadirkan Mulyadi MA, penulis buku "Menata Jiwa Mencapai Nafsu Mutmainnah" sebagai pembicara.

Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Panitia Pelaksana, Kaharuddin mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut agar peserta mampu mencapai ketenangan jiwa melalui perbaikan watak dan karakter yang baik.

Sementara untuk perbaikan watak dan karakter yang baik, menurut Kaharuddin mesti diawali dengan cara berpikir yang lebih baik, yaitu dimulai dengan membersihkan jiwa berdasarkan ajaran Islam yang berlandaskan Al Qur'an dan Al Hadits.

"Watak yang baik mesti diawali dengan cara berpikir yang lebih baik pula, yaitu dimulai dengan membersihkan jiwa berdasarkan ajaran Islam yang berlandaskan Al Qur'an dan Al Hadits," jelasnya ke Seputarsulawesi.com, Rabu (5/4)

Menurutnya, kegiatan tersebut terbuka untuk umum, dan rencananya akan menghadirkan peserta dari kalangan pengurus BKPRMI Sulsel, Dosen, Profesional, mahasiswa dan masyarakat umum.

"Intinya siapa saja berhak mengikuti pelatihan ini, karena bersifat umum," katanya.

Sementara itu, dewan pengarah kegiatan, H. Muhammad Rusdi Umar mengatakan, kegiatan tersebut selain sebagai upaya untuk membantu pemerintah meningkatkan sumber daya manusia dalam hal pendidikan non fomal, juga sebagai upaya untuk menata diri jelang
bulan suci Ramadan 1438 H.

Tak hanya itu, Ketua Harian Rabitha Madrasah Aliah Program Khusus (RAMA PK) Makassar ini menegaskan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk terus digalakkan, apalagi di tengah kehidupan moderen seperti saat ini, dimana hampir semua lini kehidupan di dalamnya terjadi persaingan yang cukup pesat dan tak jarang membuat manusia stres.

"Fenomena hidup seperti ini, jika tidak diatasi, maka kita akan mudah panik, dan jika itu dibiarkan bisa saja menjadi cikal bakal lahirnya penyakit mematikan seperti stroke, kanker dan penyakit ganas lainnya," papar putra bungsu Annanguru KH. Umar Mappiabang ini.

Baca: RAMA PK Makassar Sambut Baik Rencana Kemenag Hidupkan MAPK

Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarat ini berharap, peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat mengenal dirinya, meningkatkan kualitas diri dan mampu mencapai tingkatan jiwa yang tenang.

"Selain itu, kita juga berharap peserta juga bisa mengenal perannya sebagai individu, anggota keluarga, anggota masyarkat dan yang terpenting lagi bisa menjadi warga negara yang baik," harapnya. (SAP)

  • 357 Dibaca