Mahasiswa IAI DDI Dilatih Awetkan Makanan Tanpa Gunakan Bahan Pengawet


Seputarsulawesi.com, Makassar- Mahasiswa Perbankan Syariah Institut Agama Islam (IAI) Daruddakwa Wal Irsyad (DDI) Polewali Mandar gelar pelatihan kewirausahaan di Aula Pusat Pelatihan Pedesaan Swadaya, di Dusun Basseang, Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi Kabupaten Polman, Selasa 14 November 2017.

Di kegitan tersebut, mahasiswa dilatih untuk mengawetkan makanan, tanpa menggunakan bahan pengawet. Bahan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar, seperti wortel, gula merah, tomat, dan semacamnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengajari mahasiswa mengawetkan makanan seperti saus tomat, dodol nangka, sirup nangka dan saus pepaya, tanpa menggunakan bahan pengawet," kata Instruktur pelatihan, Akmal Hidayat. 

Sementara itu, Ketua Prodi Perbankan Syariah, Rini menambahkan bahwa, kegiatan semacam ini akan rutin dilaksanakan, dan untuk sementara dipusatkan di lokasi tersebut.

"Untuk sementara kita disini, tapi entah kedepannya bagaimana, kita lihat progresnya dulu,"
 jelasnya.

Rini mengatakan, jumlah mahasiswa yang hadir dalam pelatihan tersebut sebanyak 145 orang.  Mereka dibagi menjadi enam kelompok dengan kalkulasi setiap kelompoknya berjumlah 20 orang.

Adapun tujuan jangka panjang dari pelatihan tersebut, menurut Rini, adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, sehingga nantinya, setelah mahasiswa tersebut selesai, mereka bisa hidup mandiri, tanpa harus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salah seorang mahasiswa semester tujuh, M. Rifaldi mengaku bersyukur bisa mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sangat bermanfaat, karena menanamkan semangat kewirausahaan kepada mahasiswa.

"Semoga kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan, apalagi respon dan semangat teman-teman mahasiswa sangat luar biasa mengikuti pelatihan ini," tuturnya.

Tag :

polman
  • 145 Dibaca