Menanggulangi Bencana, Palang Merah Amerika Mulai Gunakan Drone


Seputarsulawesi.com - Palang Merah Amerika berencana untuk pertama kalinya menerbangkan pesawat tak berawak, guna menilai kerusakan dan bantuan ke daerah-daerah di Houston yang dilanda Badai Harvey selama dua minggu terakhir, kata agensi kemanusiaan tersebut, Kamis, 6 September 2017.
 
Melansir reuters, Palang Merah diharapkan menjadi kelompok bantuan nirlaba A.S. yang terbesar untuk menggunakan teknologinya saat memulai penerbangan minggu depan dalam sebuah program uji yang dapat digunakan setelah bencana di bagian lain Amerika Serikat.
 
Agensi akan menyebarkan satu pesawat tak berawak dan melakukan tes satu minggu di daerah Houston yang sangat terpengaruh oleh banjir dari Badai Harvey.
 
Badai yang menerjang wilayah pantai pada 25 Agustus sebagai badai paling kuat yang melanda Texa, sejak lebih dari 50 tahun yang lalu. Akibatnya, 50 orang tewas dan menyebabkan kerusakan sebesar $ 180 miliar.
 
Penggunaan pesawat tak berawak untuk mengudara di atas bencana dari Badai Harvey telah menunjukkan kemampuan pesawat tak berawak yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk menilai kerugian miliaran dolar dan mempercepat pembayaran bagi para korban yang terdampak.
 
Program Palang Merah menggunakan pesawat yang dibangun oleh Danvers, pembuat pesawat tak berawak berbasis Massachusetts CyPhy Works. Hal ini didanai oleh yayasan amal United Parcel Service (UPS.N), yang memiliki saham di CyPhy Works dan menggunakan pesawat drone untuk menguji pengiriman paket.
 
“Gambar yang ditangkap Palang Merah akan membantu menilai kerusakan dan bantuan saluran, meskipun citra dapat dibagi dengan organisasi lain,” kata Zaccara pada reuters.
 
“Pesawat tak berawak, yang ditambatkan ke catu daya, bisa terbang setinggi 400 kaki untuk merekam foto beberapa hari di rumah mil jauhnya,” tambahnya.
 
Bergantung pada hasil di Houston, pesawat tak berawak itu bisa digunakan untuk menilai kerusakan akibat Badai Irma. Badai yang diprediksi berada di jalur yang akan menghantam Florida selama akhir pekan.

Tag :

  • 104 Dibaca